Lombart Street, Jalan Berkelok-kelok di San Francisco

Lombart Street, jalan berkelok-kelok di San Francisco (foto: dewningrum.com)

San Francisco terkenal dengan jalan-jalannya yang berbukit-bukit. Di beberapa titik jalannya turunan banget atau sebaliknya, tanjakan banget. Nggak heran kalau San Francisco sering digunakan sebagai tempat syuting film karena kotanya sangat indah. Kalau pernah nonton film komedi Mrs. Doubtfire atau The Rock, pasti familiar dengan kota ini.

Salah satu jalan yang terkenal di San Francisco adalah Lombart Street. Letaknya tidak begitu jauh dari lokasi rumahnya “Mrs. Doubtfire” yang dipakai di film komedi yang dibintangi almarhum Robin Williams. Beruntung saya sempat blusukan di San Francisco meski waktu luangnya cuma 1 hari aja. Saya ke sini beberapa bulan lalu untuk menghadiri acara Intel Developer Forum.

Di sebelah kanan kiri Lombart Street ada jalur khusus pejalan kaki (foto: dewningrum.com)

Lombard Street adalah salah satu jalan paling unik di San Francisco. Kenapa unik? Karena jalannya terletak di dataran tinggi, berkelok-kelok dan berada di tengah-tengah permukiman warga di kawasan Russian Hill.

Selain berkelok-kelok, Lombart Street juga agak curam dengan belokan yang lumayan tajam, sehingga mobil yang melintas harus berjalan sangat pelan dengan kecepatan maksimal 5-10 km/jam. Total ada 8 kelokan tajam di Lombart Street, masing-masing kelokan panjangnya kurang lebih sama. Kalau dilihat dari tampak atas, Lombart Street berbentuk seperti zig-zag.

Lombart Street (foto: dewningrum.com)

Ada alasan khusus kenapa Lombart Street dibuat berkelok-kelok, yaitu demi keamanan pengguna jalan. Jadi dulu ceritanya jalanan ini merupakan tebing yang sangat curam, lebih curam dari yang ada sekarang. Tahun 1920 salah seorang pemilik properti di area itu menyarankan agar Lombart Street itu dibuat berkelok-kelok untuk menambah daya tarik dan estetika, sekaligus agar aman bagi pejalan kaki dan pengendara. Lalu direnovasi lah jalan ini dengan mengurangi kemiringannya hingga 27%. Kalau pengen tahu seperti apa curamnya Lombart Street dulu, coba tonton film jadul “What’s Up Doc”, ada salah satu adegan yang lokasi syutingnya di situ.

Lombart Street dibuat satu arah karena jalannya sempit. Pada saat musim semi dan musim panas, Lombart Street terlihat cantik karena kehadiran bunga-bunga di sepanjang jalan. Setiap harinya ada ratusan orang yang mengunjungi jalan ini untuk sekedar berfoto atau tur dengan mobil sambil merekam video saat melintasi jalanan. Di kanan kiri jalan terdapat rumah real estate yang megah. Untuk pejalan kaki, disediakan jalur khusus dengan menuruni/menaiki anak tangga agar tidak mengganggu mobil yang melintas.

Di bagian ujung atas Lombart Street kamu bisa menjajal naik cable car melalui Hyde Street. Saya memilih berjalan kaki dari sini ke Fisherman’s Wharf.

Naik apa ke Lombard Street?

Lombard Street berlokasi di antara Jones Street dan Hyde Street. Lokasi persisnya ada di 1070 Lombard Street, San Francisco, California 94109. Bagi yang mau mampir ke sini, ini alternatif transportasinya:

Bus kota — Kamu bisa naik bus nomor 30 dari Union Square. Turun di Columbus Street, lalu jalan kaki beberapa blok ke arah barat (menanjak) sampai ketemu Jones Street.

Saya sendiri ke sini naik bus kota, lalu berjalan kaki beberapa blok ke arah Lombart Street. Jalanan yang saya lalui dengan berjalan kaki lumayan bikin baju basah berkeringat karena menanjak. Waktu itu saya dari Golden Gate Bridge.

Jalan menanjak menuju Lombart Street (foto: dewningrum.com)

Jalan menanjak menuju Lombart Street, rumahnya keren yah (foto: dewningrum.com)

Cable car — Cable car Powell-Mason berhenti di Lombard Street dan Columbus Street.

Tour bus — Banyak bus pariwisata melewati jalan ini melalui Hyde Street atau Columbus Street. Oya, bus tidak diperbolehkan melintasi Lombart Street. Karena itu beberapa bus berhenti dan membolehkan pengunjung berjalan menyusuri area itu untuk berfoto-foto.