Kuliner Belitung: Mie Atep yang Legendaris

Mie Belitung Atep (foto: dewningrum.com)

Mie yang satu ini sangat terkenal di kalangan pecinta kuliner yang pernah singgah ke Pulau Belitung. Mie Belitung Atep namanya… Usaha kuliner ini sudah dirintis sejak tahun 1973 oleh Nyonya Verawaty alias Atep, berarti sudah berjalan 43 tahun.

Untuk menjaga cita rasa, Nyonya Atep turun tangan langsung meracik bumbunya dan melayani pembeli sampai sekarang. Resep mie Belitung ini ia dapat dari leluhurnya.

Mie Belitung Atep terdiri dari mie kuning yang sudah diseduh dengan air panas, di atasnya ditaburi tauge, irisan timun, kentang rebus, tahu, udang utuh, serta emping melinjo.. lalu disiram dengan kuah kaldu udang yang kental yang berwarna kecoklatan. Mie Belitung Atep pas disantap saat panas, kalau sudah dingin rasanya kurang nikmat.

Mie-Belitung-Atep-2Sekilas Mie Belitung Atep ini mirip dengan mie rebus Medan yang pernah saya makan. Dari segi rasa, Mie Belitung Atep menurut saya agak manis. Tapi enak kok, bumbunya terasa di lidah.. Hanya saja berhubung saya suka rasa pedas, makan seporsi mie ini rasanya kurang nikmat meski sudah menambahkan banyak cabe.

Mie Belitung Atep berlokasi di dekat bunderan pusat kota Tanjung Pandan, Belitung, di sebuah ruko yang sederhana sekali penampilannya. Seporsi Mie Belitung Atep dihargai Rp 10 ribuan. Sebagai pendamping, untuk minumannya Anda bisa pesan es jeruk kunci, harganya Rp 5 ribu.

Menurut Nyonya Atep, usaha kulinernya ini tidak buka cabang di kota lain, hanya ada di Belitung. Tapi Nyonya Atep sepertinya sudah berubah pikiran. Sekarang Mie Belitung Atep sudah buka cabang di Jakarta, tepatnya di Cafe “de Bamboe”, Jl. Anggrek Loka, Serpong, Tangerang.

Alamat:
Jl. Sriwijaya No. 27, Tanjung Pandan
Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung
Telp. 0719 – 21464

(dew)

28 Comments

Leave a Comment.