Kenapa Patung Liberty Warnanya Hijau?

Patung Liberty di New York (foto: dewningrum.com)

Berkunjung ke kota New York tak lengkap rasanya jika tidak menginjakkan kaki di Patung Liberty. Beruntung saya bisa mampir sebentar ke sini, saat diajak Samsung Electronics Indonesia untuk meliput acara Samsung Galaxy Unpacked sekitar bulan Agustus 2015 lalu.

Patung Liberty adalah salah satu ikon dunia. Patung yang merepresentasikan dewi kebebasan Romawi ini tangan kanannya memegang obor, tangan satunya lagi memegang buku yang bertuliskan tanggal Deklarasi Kemerdekaan. Warna patungnya hijau, setidaknya warna inilah yang pengunjung lihat.

Tapi tahukah kamu? Awalnya patung ini berwarna coklat kusam, warna alami pelat tembaga, bukan hijau seperti yang kita lihat sekarang ini. Perlahan-lahan warna Patung Liberty berubah hijau karena terjadi oksidasi. Saat tembaga terekspos oksigen di udara maka akan menimbulkan reaksi kimia. Reaksi ini disebut dengan oksidasi. Butuh waktu 30 tahun untuk membuat warna patung ini menjadi hijau.

Untuk bisa mengunjungi patung ini, kita harus naik kapal feri terlebih dulu. Berangkatnya dari Battery Park. Sebelum naik kapal feri, para pelancong harus antre untuk diperiksa barang bawaannya layaknya masuk bandara.

Sebelum naik kapal, kita harus antre dulu dan diperiksa tasnya (foto: dewningrum.com)

Sebelum naik kapal, kita harus antre dulu dan diperiksa tasnya (foto: dewningrum.com)

Inilah kapal feri yang akan mengangkut penumpang ke lokasi Patung Liberty (foto: dewningrum.com)

Inilah kapal feri yang akan mengangkut penumpang ke lokasi Patung Liberty (foto: dewningrum.com)

Di tengah perjalanan menuju muara sungai Hudson di New York Harbor — tempat patung ini berada — sang pemandu akan menjelaskan tentang filosofi kemerdekaan dan Patung Liberty.

Suasana di kapal feri menuju lokasi Patung Liberty (foto: dewningrum.com)

Suasana di kapal feri menuju lokasi Patung Liberty (foto: dewningrum.com)

Selain Patung Liberty, Anda juga bisa mengunjung museum di Ellis Island. Di sana, banyak cerita soal sejarah para imigran yang masuk ke AS lewat New York.

Menurut sejarah, Patung Liberty merupakan hadiah khusus yang diberikan Prancis untuk Amerika Serikat, sebagai simbol persahabatan kedua negara. Patung Liberty yang dipahat oleh Frederic Auguste Bartholdi ini tiba di New York Harbor pada 19 Juni 1885, yang dikemas dalam 214 peti. Patung setinggi 151 kaki ini, kalau dimeterin ukurannya sekitar 46 meter-an, kini dikenal sebagai simbol kebebasan (freedom) dan demokrasi di seluruh dunia.

Patung Liberty terbuat dari ratusan lembar tembaga tipis yang dirakit pada kerangka baja, yang strukturnya dirancang oleh Gustave Eiffel (desainer Menara Eiffel). Dia kemudian menggunakan desain yang sama pada Menara Eiffel di Paris.

(dew)

19 Comments

Leave a Comment.