8 Barang yang Wajib Dibawa Saat Backpackeran

Hostel Hua Lampong di Bangkok (foto: dewningrum.com)

Hostel Hua Lampong di Bangkok (foto: dewningrum.com)

Maafkan saya.. Udah setahun lebih gak posting, terima kasih buat para pembaca blog ini yang masih setia mampir dan bertanya melalui email karena comment yang ditinggalkan di blog ini gak saya balas-balas. Beberapa comment juga baru sempat saya balas. Maaf yaaa.. 🙂

Postingan kali ini saya mau sharing tentang barang-barang apa saja yang wajib dibawa saat jalan-jalan ke luar negeri dan memilih menginap di hostel yang murah meriah. Yuk langsung kita lihat..


1. Handuk

Gak semua hostel menyediakan handuk untuk tamunya. Tapi banyak pula hostel yang menyediakan fasilitas ini. Di Singapura misalnya, saat saya menginap di sebuah hostel di daerah China Town dan Kembangan, mereka tidak menyediakan handuk sama sekali.

Tapi saat menginap di hostel daerah Lavender dan Bugis, fasilitas handuk disediakan. Saat check in  saya diberi sprei bersih yang sudah dicuci, selimut kain + handuk untuk mandi. Seperti tinggal di asrama, saya harus memasang sendiri sprei tersebut di kasur saya. Setelah check out  setiap tamu wajib melipat sprei yang kita pakai beserta selimut dan handuknya di tempat yang sudah disediakan untuk nantinya dicuci.

Kebijakan setiap hostel berbeda-beda. Karena itulah, untuk berjaga-jaga sebaiknya bawa handuk kecil yang untuk travelling kalau-kalau di hostel tersebut ternyata gak menyediakan handuk.

 

2. Alat mandi
Beberapa hostel yang pernah saya inapi menyediakan sampo dan sabun cair yang ditempatkan di dalam botol besar dan ditempelkan di dinding kamar mandi. Tamu boleh memakainya, tinggal pencet tombol botol samponya. Tapi, hostel lain ada pula yang gak mau repot menyediakan. Jadi jangan lupa bawa peralatan mandi sendiri, agar gak repot bergantung sama fasilitas hostel.. namanya juga tinggal di hostel, jangan harap seperti nginap di hotel berbintang.

[PENTING]: agar barang bawaan tidak berat dan menuh-menuhi tas, bawa sampo dan sabun seperlunya saja sesuai berapa lama kamu bepergian. Kalau saya, triknya bawa sampo sachet biar ringkas.. sekali pakai buang. Atau, kalau punya botol kecil 50 ml, sabun cair dan sampo bisa dimasukkan ke situ.

 

3. Plastik baju kotor
Gak mau baju-baju yang masih bersih terkontaminasi bau keringat atau bau kaus kaki bukan? Jangan lupa bawa kantong plastik untuk pakaian kotor ya…

4. Gembok
Tak ada salahnya membawa gembok jika nanti di hostel tidak menyediakan locker. Jadi seandainya gak bisa menyimpan barang-barang berharga kamu di dalam locker, koper atau retsleting ransel bisa digembok.

5. Sandal jepit
Ini akan berguna kalau mau ke kamar mandi. Ada beberapa hostel yang letak kamar mandinya terpisah dari ruangan kamar, jadi selama di hostel pakailah sandal agar kaki kamu tetap bersih dan gak repot bolak-balik cuci kaki saat mau naik kasur. Sandal ini juga akan berguna saat kamu mau keluar membeli makan atau keperluan pribadi di sekitaran hostel.

 

6. Selimut kain
Dulu kebanyakan hostel tidak menyediakan selimut untuk tidur. Sekarang hampir semua hostel sudah menyediakannya, tapi memang masih ada beberapa hostel yang mengenakan biaya tambahan untuk selimut. Saya sendiri gak pernah bawa selimut, di hostel tempat saya menginap selalu ada selimut.

7. Obat-obatan pribadi
8. Kartu Kredit (untuk mengantisipasi kalau seandainya kamu kehilangan uang atau harus membayar sesuatu dengan kartu kredit)

 

Yang paling penting: JANGAN BAWA BARANG BERLEBIHAN.

Bagi yang baru pertama kali keluar negeri mungkin belum tahu bahwa dengan membawa banyak barang ini akan menyulitkan kamu ‘bergerak’ untuk keluyuran dari satu tempat ke tempat lainnya. Kamu dapat membeli apapun yang dibutuhkan di negara yang dituju jika butuh sesuatu.

Happy travelling..

 

28 Comments

Leave a Comment.