Wisata Korea: Cheonggyecheon, Sungai di Pusat Kota Seoul

Sungai Cheonggyecheon – Seoul

Pas cek-cek foto, nemu foto sungai Cheonggyecheon yang terletak di pusat kota Seoul. Awalnya saya kira ini hanya sebuah kolam buatan yang dibuat untuk mempercantik kota. Tebakan saya rupanya salah. Ini adalah sungai Cheonggyecheon, sungai yang dulunya kumuh dan kotor, yang kini sudah bersolek menjadi cantik.

Bersih! Itulah kesan pertama yang saya dapati saat menginjakkan kaki ke sungai ini. Konon sungai ini dulu sangat kumuh dan tak diabaikan. Ceritanya setelah perang Korea banyak orang migrasi ke Seoul, mereka tinggal di sepanjang sungai ini. Sampah berserakan dimana-mana, limbah semakin banyak karena banyak yang mencuci di sini, kondisi sungai semakin kumuh.

Sampai akhirnya Walikota Seoul Lee Myung-bak berinisiatif membuat proyek pemugaran pada tahun 2003 untuk mempercantik sungai Cheonggyecheon sepanjang 8,4 km ini.

Setelah proyek restorasi yang memakan waktu sekitar 2 tahun selesai, Cheonggyecheon terlahir kembali sebagai area rekreasi baru bagi masyarakat Seoul dan turis mancanegara. Di kanan kiri sungai diberi jalan setapak yang nyaman agar pengunjung bisa berjalan-jalan menyusurinya sambil melihat ornamen dan karya-karya seni yang dipajang di sepanjang dinding sungai..

Tiap tahun biasanya ada festival lampion di sungai ini. Saat saya ke sana kebetulan lagi ada festival lampion dan sayang sudah hari terakhir.. kamera saya tinggal di penginapan jadi tak sempat mendokumentasikan lampionnya. Lampion dengan berbagai bentuk dan warna tampil cantik menghiasi Cheonggyecheon. Tujuannya utuk menarik wisatawan agar mau berkunjung ke sana. Trik yang bagus dan bisa dicontoh… 😛

Menjelang sore hingga malam hari, sungai ini banyak dikunjungi orang-orang.. ada yang sekedar duduk-duduk sambil mencelupkan kaki ke dalam air sungai, ada yang pacaran, bergerombol dengan teman-temannya sambil melepas penat.

Kalau mau kesini, disarankan turun di station Gwanghwamun, ambil Exit ke Cheonggyecheon Stream. Pengelola sungai ini juga menyediakan paket tour bagi yang ingin menyusuri sungai ini. Infonya bisa dicek di sini.

-dew-

5 Comments

  1. salam kenal ,,
    mb dewi,, mo nanya,,, klo wisata sungai ini kita sekedar liat ya,,, baiknya digabung wisata kemana yaa yang tujuannya searah,,, renc sy tahun depan kesana,,, tulisan mb dewi sangat me mbantu ,,, mkasi

    Reply

Leave a Comment.