Wisata Korea: Hanji Doll di Bandara Incheon Seoul

Lokasi: bandara keberangkatan internasional Incheon Seoul

Last but not least.. kisah perjalanan selama di Seoul beberapa bulan lalu akan saya tutup dengan sepenggal cerita tentang kerajinan tangan Korea yang dibuat dari kertas khusus yang disebut Hanji. Awalnya saya tak tahu kalau ada kerajinan seperti ini, sampai akhirnya saya berada di area keberangkatan bandara Incheon.

Ceritanya saya menginap di area Hongik University. Hostel tempat saya menginap sangat strategis, berada di pinggir jalan, hanya 2 menit berjalan ke stasiun subway, dekat dengan area perbelanjaan/makanan, daaaan… hanya 3 menit pula berjalan ke pemberhentian bus. Jadwal penerbangan saya saat itu jam 10 pagi waktu Seoul. Karena gak ada rencana mau keluyuran lagi, saya putuskan untuk ‘menunggu’ di bandara saja.

Jam 5 pagi teng saya bergegas menuju halte bus di dekat hostel saya menginap sambil menggiring koper yang cukup berat (isinya CD/DVD Kpop buat hadiah kuis di Internet Sehat hahahaa..). Dinginnya pagi itu membuat tangan saya serasa mati rasa, walau sudah memakai sarung tangan penghangat. Pas saya kesana, memang pas lagi peralihan dari musim semi ke dingin.

Arrrgghh, saya ketinggalan bus pertama. Di papan informasi saya lihat bus selanjutnya akan datang beberapa menit kemudian. Dan saya gak khawatir menunggu karena jadwal bus di sana tak pernah molor. Kalaupun molor, katanya gak pernah sampai berjam-jam, paling cuma beberapa menit saja. Bus yang saya tunggu pun akhirnya datang tepat waktu. Tubuh saya seketika menghangat begitu masuk ke dalam bus. Lalu saya lanjutkan molor..

Sesampainya di bandara, begitu selesai check-in dan proses imigrasi, mata saya tiba-tiba tertuju pada sebuah toko yang berada di pojokan (hook). Di situ tertulis: “Korea Traditional Cultural Experience Center”.

Sesuai namanya, Korea Traditional Cultural Experience Center adalah semacam pusat informasi kebudayaan tradisional Korea. Di situ kita bisa membeli pernak-pernik khas Korea, kaos, baju Hanbok, gantungan kunci, dll. Ruang tamu tradisional ala Korea juga dipamerkan di situ.

Yang menarik, pengunjung diperbolehkan membuat kerajinan boneka dari kertas Hanji (disebut Hanji doll). Syaratnya cuma nunjukin paspor dan boarding pass. Saat itu tampak ada 3 orang pengunjung sedang asyik menempel-nempelkan kertas ke atas tubuh boneka. Saya pun gak mau ketinggalan mencoba. Sebelumnya saya diberi penjelasan apa itu Hanji.

***

Hanji adalah kertas tradisional Korea, terbuat dari kulit pohon murbei yang disebut Chomok. Ada tiga jenis pohon murbei di Korea, tergantung pada kondisi iklim di mana tanaman tersebut tumbuh. Setiap jenis pohon murbei katanya menghasilkan jenis Hanji tertentu dan untuk penggunaan tertentu. Mayopjong misalnya, relatif memiliki sedikit serat. Sering dipakai untuk dinding dan kertas lantai. Lalu ada Yojojong, memiliki kulit tebal dengan serat yang halus dan panjang, ideal dipakai untuk kertas kaligrafi. Hanji diklaim tahan lama, konon bisa bertahan selama lebih dari seribu tahun. Terasa halus saat disentuh.

Dibandingkan dengan serat pohon murbei China, Jepang, dan Filipina, serat dari pohon murbei Korea katanya lebih panjang, kuat, dan cukup kemilau, sehingga kualitasnya sangat baik dipakai untuk kertas. Bahkan berkat daya tahan dan fleksibilitasnya, Hanji pernah digunakan untuk membuat baju besi lhooo…

Saat ini Hanji populer dipakai sebagai bahan untuk kerajinan tangan, sebagai kertas pembungkus, kertas surat, tali, hingga dekorasi rumah seperti penutup pintu, jendela, dan lantai.

***

Cara membuat Hanji doll sangat mudah. Pertama-tama, siapkan tubuh bonekanya (sudah disediakan di sana). Selanjutnya, olesi kertas Hanji dengan lem (lem yang dipakai katanya dibuat dari bahan alami). Lalu lekatkan kertas Hanji pada boneka sedikit demi sedikit, sesuai polanya. Butuh ketelitian saat membuat kerajinan ini agar rapi. Simsalabiiim.. jadi deh Hanji doll karya saya walaupun tak begitu rapi 😀

-dew-

12 Comments

  1. hy kak dewi.
    saya mau tanya nih. kalau saya boleh tau, kakak menginap di hostel apa ya? ada site link nya gk kak?
    saya sedang mencari informasi hostel2 yang murah dan dekat dengan pusat kota utk menginap di korea.
    terimakasih kakak. 😀

    Reply
  2. suatu saat ingin punya pengalaman langsung dengan kertas hanji, biar tahu sendiri. Pertama tahu ada istilah hanji sebutan untuk kertas khas Korea dapat dari di TV. lalu tertarik cari tahu, nemulah di sini. terima kasih infonya. aku suka yang berbahan alami dan berkualitas

    Reply

Leave a Comment.