Wisata Korea: King Sejong, Sang Penemu Hangeul

Patung King Sejong

Siapa sih King Sejong? Memang menarik untuk diceritakan? Menarik nggak menarik sih, saya hanya mau share untuk pengetahuan saja.. (padahal saya paling benci pelajaran Sejarah, huhuhuuu). Lagi pula patung ini berdiri di seberangnya Gyeongbokgung Palace, jadi sekalianlah saya mampir ke sini untuk mengambil beberapa foto.

Bagi masyarakat Korea, King Sejong adalah seorang ‘pahlawan’. Dialah yang menemukan Hangeul, huruf/abjad Korea yang hingga kini dipakai masyarakat Korea. Karena jasanya itu, dibangunlah patung King Sejong di area Gwanghawmun Square. Tinggi patung ini mencapai 9,5 meter dengan berat 20 ton.

Saat berdiri di depan patung,  rasanya kita jadi pendek sekali hihiii.. Seperti yang terlihat di foto, tampak raja Sejong sedang duduk dengan senyum lembut di wajahnya dan sebuah buku di tangannya. Patung ini terbuat dari perunggu. Selain patung, wajah King Sejong juga bisa kita lihat pada uang kertas Korea.

Nah, King Sejong sendiri adalah raja ke-4 dari Dinasti Joseon. Ia memerintah sejak September 1418 sampai menghembuskan nafas terakhirnya pada Mei 1450. Sejong meninggal karena diabetes. Semasa hidupnya, ia dikenal sebagai orang yang sangat cerdas. Ia sangat menyukai science, teknologi dan sastra.

Sebelum ada Hangeul, orang Korea menggunakan Hanja (karakter Cina). Namun Hanja sangat kompleks dan butuh waktu bertahun-tahun untuk mempelajarinya. Sementara Hangul sangat mudah dipelajari, bahkan katanya orang bisa mempelajarinya hanya dalam beberapa jam saja.

***

Masih di area Gwanghawmun Square, dibelakang patung King Sejong ada patung lagi.. namanya Admiral Yi Sun-Shin. Siapa dia? Seorang Komandan Angkatan Laut Korea yang terkenal karena pertempurannya melawan Jepang. Patung ini dikelilingi oleh puluhan titik air mancur. Sayangnya pas saya kesana, water fountain-nya lagi tidak menyala 😛

Patung Admiral Yi Sun-Shin

***

How to get there?

Naik subway:
— Line 3, turun di stasiun Gyeongbokgung exit 6, atau
— Line 5, turun di stasiun Gwanghwamun Exit 2, atau
— Line 1, turun di stasiun Jonggak Exit 1, jalan kaki sekitar 350 meter menuju Gwanghwamun

Semoga bermanfaat.. 🙂

-dew-

7 Comments

Leave a Comment.