Wisata Korea: Tempat Shopping di Seoul

Area shopping di Myeong-dong

Mohon maaf buat yang sudah menunggu postingan lanjutan tentang Korea, belakangan ini makin jarang banget nge-blog, ihiks.. :D *lagi deadline menyelesaikan PR riset.  Postingan kali ini akan membahas tentang hobi para wanita pada umumnya, yaitu belanja… tentunya masih tentang Korea dan yang pernah saya kunjungi.

Katanya, Korea adalah salah satu negara tujuan belanja. Apalagi sejak demam K-Pop menjamur di mana-mana terutama Asia, Korea semakin terkenal sebagai surganya belanja fashion dan kosmetik. Bahkan, menurut salah satu teman saya di sana, Korea jadi tempat tujuan untuk operasi plastik kecantikan lho.. misalnya, memperbesar mata, memancungkan hidung dan lain-lain.

Seperti yang sudah pernah saya ceritakan sebelumnya (ehem…), saya bukan tipe cewek yang hobi belanja. Saya juga heran kenapa. Disuruh milih baju/sepatu, saya biasanya akan mumet melihat begitu banyak baju/sepatu dipajang. Saya tak pandai memadupadankan baju. Pakaian sehari-hari yang saya pilih biasanya yang casual, tak jauh-jauh dari kaos, jeans, atau sendal/sepatu yang buat saya nyaman dipakai. Gak peduli lagi tren apa.. :D

Walaupun tidak terlalu suka berburu barang-barang fashion, sayang rasanya kalau pergi jauh-jauh kalau nggak meliput tempat belanja ini. Kalau pergi ke luar, saya biasanya jalan keluyuran aja, icip-icip makanannya, berhenti di sebuah spot, lalu jepreeett jepreeett mengambil foto.. Foto tersebut nantinya saya jadikan ‘bekal’ untuk bahan menulis lalu di-share di blog (kalau ingat dan nggak malas :p).  Nah, berikut beberapa tempat belanja di Seoul yang pernah saya datangi.

1. Myeong-dong Shopping Area
Myeong-dong adalah salah satu tempat belanja teramai dan trendi yang ada di Seoul, lokasinya dekat dengan pusat kota. Di lahan seluas 300.000 meter persegi ini kamu bisa mendapati barang-barang seperti baju, sepatu, tas, aksesoris dan kosmetik. Outlet-outlet dengan brand terkenal ada di sini. Selain itu ada restoran, cafe, klub malam dan penjaja makanan ala pinggir jalan.

Dari sekian banyak toko yang ada di sana, toko kosmetik saya lihat cukup banyak berdiri. Hampir semua merek kosmetik lokal Korea buka toko di area ini. Saya kurang tahu kenapa kosmetik Korea sangat tenar.. Apa karena efek dari artis-artis Korea yang berkulit mulus dan putih, atau karena produknya memang tokcer membuat wajah terlihat lebih cantik, ataukah karena ‘demam’ K-Pop? Saat saya di sana, toko-toko kosmetik ini selalu ramai dikunjungi oleh pembeli lokal dan luar. Produknya macam-macam dan lucu-lucu kemasannya.. contohnya seperti ini nih…

Yang banyak dicari salah satunya BB Cream. Apa itu? Ah jangan tanya saya ya :D   katanya bisa bikin muka terlihat lebih cerah. Nggak bisa bahasa Korea? Jangan khawatir, beberapa pelayannya ada yang bisa berbahasa Inggris walaupun tidak lancar.

Buat para penggemar K-Pop, kalau mau mencari pernak-pernik K-Pop seperti poster, kalender, cd/dvd, dll… di area Myeng-dong ada. Nama tempatnya saya lupa, coba cari ke bagian dvd/cd musik ya… Saya sempat memborong banyak cd/dvd K-Pop di sini, untuk hadiah kuis di twitter Internet Sehat.. :D

Di Myeng-dong area ini saya pun sempat mencoba es krim setinggi 30-an cm. Beneran lho… es krimnya tinggi beneeeerrr… saya sampai buru-buru memakannya karena takut keburu meleleh.. dan akhirnya menyerah menghabiskannya sendiri. Hanya 2/3-nya saja yang sanggup saya habiskan, sisanya dengan terpaksa ‘mendarat’ di tempat sampah.. Maaf ya es krim.. :D cocoknya dimakan berdua sama pasangan :)

How to get there: naik kereta bawah tanah (subway) line 4, turun di Myeong-dong Station, jalan kaki sekitar 5 menit ke area shopping-nya.


2. Namdaemun Market

Namdaemun merupakan salah satu pasar grosir di Korea, luasnya mencapai lebih dari 10 hektar dan terletak di dekat pusat kota. Ada ratusan toko, warung, pengecer dan pedagang kaki lima yang berjualan disini. Namanya juga tempat belanja, di sini kita bisa menemukan pakaian, sepatu, kain, peralatan makan, bunga, sayuran, produk ginseng, mainan, hingga jam tangan. Harga barang-barang disini adalah harga grosir, jadi lebih murah sehingga banyak orang yang belanja di sini untuk kemudian dijual kembali. Oya, tak jauh dari pasar ini kita bisa melihat Deoksugung Palace dengan berjalan kaki.

How to get there: naik subway line 4, turun di Hoehyeon Station.

3. Insadong
Insadong Street adalah pasar antiknya Korea, salah satu tempat yang menarik didatangi di Seoul. Area ini merupakan pusat kebudayaan dan kerajinan tradisionalnya Korea. Kalau kamu mau mencari barang-barang antik dan kerajinan khas Korea seperti hanbok (pakaian tradisional Korea), hanji (kertas tradisional), teh tradisional, lukisan, tembikar, pernak-pernik dan kerajinan rakyat lainnya, datanglah ke sini. Selain menjual kerajinan, di sini juga terdapat restoran dan kafe yang menyajikan makanan tradisional Korea. Korean Antique Association juga berlokasi di daerah ini.

How to get there: naik subway line 1, turun di Jonggak Station exit 3 – atau – subway line 5, turun di Jongno 3 (sam)-ga Station exit 1 .

4. Dongdaemun Market
Dongdaemun ini merupakan distrik perbelanjaan grosir dan eceran terbesar di Korea. Di sini terdapat 26 pusat perbelanjaan, 30.000 toko, dan 50.000 produsen. Barang yang dijual beragam, mulai dari kain, baju, sepatu, barang olahraga, perlengkapan listrik, elektronik, peralatan kantor, mainan, aksesoris, pernak-pernik pernikahan. Kalau mau mencari fashion terbaru dengan harga miring, di sinilah tempatnya.

Di malam hari area ini biasanya dipenuhi para pembeli maupun reseller karena para penjual grosir di sini biasanya baru mulai beroperasi dari 1 pagi sampai 1 siang, sedangkan untuk retail (pengecer) buka dari jam 1 pagi sampai 6 sore. Sebagian besar toko tutup pada hari Senin dan hari libur. Sayangnya saya ke sini pada hari Senin malam, dan toko-toko pada tutup hehehee..

How to get there: naik subway (lupa line berapa), turun aja di Dongdaemun Station.

5. Itaewon
Itaewon terletak di kawasan Yongsan-gu, Seoul. Di sini kita bisa menemukan macam-macam masakan / makanan dari seluruh dunia, seperti India, Timur Tengah, Thailand, Italia, Perancis, dll. Di kawasan ini pula, kita bisa bertemu orang-orang dari beragam kebangsaan dan budaya. Sampai-sampai ada lelucon yang mengatakan bahwa turis luar mungkin tidak tahu Seoul, tapi mereka pasti tahu Itaewon. Heheheee.. Di sini terdapat sebuah mesjid yang tersohor dengan nama Seoul Central Mosque, mesjid terbesar di Seoul yang dibangun pada tahun 1976. Mesjid ini banyak dikunjungi warga dari berbagai negara.

Sama seperti tempat shopping pada umumnya, di sini kita bisa mendapatkan pakaian impor, barang-barang yang terbuat dari kulit, tas, sepatu, dan furnitur antik.

How to get there: naik subway line 6, turun di Itaewon Station.

Sekian dulu ya, semoga bermanfaat… :)

-dew-

Comments (25)

DyandraMarch 23rd, 2012 at 2:39 PM

Kereeeen… Blognya bagus, nice posting ;)
Keep going!!!

wulanekadaluApril 6th, 2012 at 9:00 AM

wah lg di korea tp blm bisa keluar-keluar krn on schedule banget orang-orang disini jd belajar disininya beneran deh hehe
tar deh jalan-jalan

dianeanindityaApril 18th, 2012 at 3:36 PM

sebagai cewe aku suka belanja, terutama kalo brand yang terkait sama merek Korea.. tulisannya bagus kenapa ngak ikut event touch korea tour yang diadakan di fanpage Korea Tourism Organization Indonesialumayan loh,yan terpilih bisa ke Korea gratis bareng 2 PM & Miss A

dewApril 18th, 2012 at 4:05 PM

@dianeaninditya:

wah saya baru tau kalau lagi rame lomba KTO hehehe..
trims infonyaaa.. :)

fajarApril 30th, 2012 at 7:51 PM

di jakarta ada nggak ya tempat penjualan pernak pernik kaya gini?? biasaa.. surprise buat doi.. :D
tolong info nya ya..

jimmy suryaMay 15th, 2012 at 1:26 PM

Emang deh turis asing ke Korea Selatan salah satunya belanja pakaian, apalagi Kpop Stuff, temen saya ada yang sampe bolak balik Korea Selatan buat belanja dan buat jualan di tokonya loh!!!
Barangnya keren2, dan unik2 di Korea Selatan..!!
kyknya klo saya kesana harus siapain uang buat belanja doang deh, klo tempat nginep disana banyak hotel murah kata adminnya @KTOJakarta

dewMay 15th, 2012 at 8:00 PM

@jimmy:

Hai Jim.. iya betul tuh, orang Indonesia kayaknya memang doyan belanja.. dan barang2 disana bagus2 kualitasnya..

dewMay 15th, 2012 at 8:01 PM

@fajar:

kurang tau ada atau enggak yang jualan pernak-pernik Korea.. coba cari di Facebook kali aja ada..

Nat2June 3rd, 2012 at 11:19 PM

belanja disana bener2 jauh lebih murah yah? trutama kayak cosmetik, CD, DVD, official goods? oh iya, nanya donk.. tau ga tempat jual official goods (selain CD & DVD) disana? Thanks! ^^

dewJune 8th, 2012 at 7:37 PM

@Nat2:

Yang saya lihat, kualitas barangnya bagus.. bahkan souvenir2 yang saya temui di daerah Insadong, secara umum kualitas bagus dan rapi. Soal kosmetik saya gak tau karena gak hobi dandan, jarang beli kosmetik2.. :D

Official goods seperti apa ya yang mau dicari? Coba aja ke Myengdong, disana banyak barang2 branded.. :)

gretaJune 16th, 2012 at 8:36 PM

not intresting

Indigo PorterJune 16th, 2012 at 8:39 PM

It’s great,hope can go there sometime hehehe …

TriezeAugust 30th, 2012 at 12:26 PM

A very informative post! Thank you, just what I need :)

YantiSeptember 4th, 2012 at 7:12 AM

Nice info.. Sangat bermanfaat.. Cuma, kalo misalkan kita beli barang banyak, misalkan untuk di jual lagi, nutup ongkosnya ga ya? Berarti harus belanja banyaaaak dunk.. Nanti over bagasi ga tuh? Apa di bolehkan ma petugas pabean di airportnya? Sekitar berapa biaya over bagasi per kilonya? Ada referensi penerbangan apa yg murah utk ke korea, dan hotel atau apartemen murah di sana? Dan ada ga tips2 selama d korea yg harus d perhatikan? Maaf, newbie.. :p mau belajar jualan baju korea di indonesia. Makasih ya atas infonya..

kimmichunDecember 16th, 2012 at 8:06 AM

eonni mau tanya kalou mau ke sana jalurnya gmn dari bandara incheon. kasih tahu satu satu donk eonni .. maaf ngrepotin gamsahamnida~~

kimmichunDecember 16th, 2012 at 8:07 AM

eonni mau tanya kalou mau ke sana jalurnya gmn dari bandara incheon. kasih tahu satu satu donk eonni .. maaf ngrepotin gamsahamnida~~
*iklan* http://www.blognyamichun.blogspot.com

dewDecember 17th, 2012 at 10:31 PM

@kimmichun:
Hai Kim..
Dari Incheon ke Myengdong bisa naik Limousine bus 6015, naiknya dari bus stop 5B, 12A (lantai 1). Bus ini berangkat dari Incheon tiap 20-35 menit.

Bus ini berhenti di beberapa titik, termasuk Seoul Station, Namdaemoon Market, Ibis Ambatel (Myeong-dong), Chungmuro Station, Myeong-Dong station (Sejong hotel)..

Happy travelling and shopping yah… :)

ejaFebruary 11th, 2013 at 4:11 PM

informatif banget…kebetulan maret ini mau kesana…thanks anyway yaahh..:-)

dewFebruary 11th, 2013 at 6:07 PM

@eja: wah asiknya.. gutlak yah, have fun.. ;)

jam tanganFebruary 27th, 2013 at 4:37 PM

wahh mantepp gan
pengen shooping ke daerah” yg terkenal
duit mana tahannn

yuniMarch 14th, 2013 at 2:49 PM

Eonnie aku mau nanya aku hanya bisa bahasa inggris dan sedikit bahasa korea ya seperti kata salam dan trima kasih dan juga panggil kaka or orang tua .
saya mau ke korsel pastina nanti darat di icheon kan ? nah nanti di sana di tanya ga tuh sama petugasnya ya kayak apa gitu pake inggris ato korea ya eon ? soalnya aku mau ke sana sendiri @@ hmm dan juga 1 lg di sana kalo nginep yang murah dmn yaa ?

deeSeptember 20th, 2013 at 8:25 PM

hai, kalo referensi penginapan murah dan nyaman dmana ya?
thks

ulieOctober 5th, 2013 at 11:59 PM

mau tanya ya ka, lebih murah blanja di bangkok atau di korea yah klo grosirnya? karna bbrp kali sya perhatiin, bangkok slalu ada merk “made in korea” dan style nya slalu berkiblat ke sana. barangkali bsa bantu untuk informasinya. makasih

LydiasOctober 14th, 2013 at 9:46 PM

Klo utk beli tas, dgn kualitas lumayan dan harga terjangkau mending kemana yah? Kebetulan Oktober ini mau kesana…..thanks

nabilaJanuary 8th, 2014 at 7:45 AM

ka, klo baju disana ukurannya gmn yaa? kecil-kecil banget kah? thanks

Leave a comment

Your comment