Wisata Korea: Gembok Cinta di NSeoul Tower

NSeoul Tower

Ini dia salah satu landmark Korea Selatan yang terkenal dan menjadi ‘magnet’ bagi turis lokal dan luar >>>  Seoul Tower. Menara ini  terletak di pusat kota Seoul. Tempat ini pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 1980. Lalu direnovasi tahun 1995 dan dibuka  kembali untuk umum pada 9 Desember 2005 dengan nama NSeoul Tower (N = Namsan). Kenapa Namsan? Karena tower ini terletak di Gunung Namsan.

Tinggi menara ini mencapai 236.7 meter, berdiri di atas Gunung Namsan setinggi 243 meter sehingga pengunjung dapat menikmati  pemandangan kota Seoul. Tower ini dikenal dengan sebutan tower gembok cinta, karena di sini kita bisa menemui ribuan gembok  “Love Lock” yang terpasang di pagar-pagar dengan macam-macam tulisan yang dibuat oleh sepasang kekasih. Hampir di seluruh  pagar yang mengelilingi Tower ini sudah dipenuhi gembok cinta.

Gembok-gembok ini sengaja dipasang, lalu dikunci… klik…

Kemudian kunci gemboknya dibuang dengan harapan sepasang kekasih yang memasang gembok itu tidak akan terpisahkan. So sweet yaaa… untung saya gak sempat melow saat berada di sana hahahaa 😀

Selain gembok cinta, di NSeoul Tower ini kita bisa menikmati pemandangan kota Seoul sambil duduk-duduk di kursi yang tersedia, atau dari restoran. Datanglah pada malam hari karena tempat ini terlihat begitu romantis pada malam hari. Apalagi pas saya ke sana, Seoul mulai masuk musim dingin.. banyak pasangan yang jalan berduaan atau sekedar duduk-duduk di gazebo atau kursi taman sambil melihat pemandangan ditemani sinar lampu remang-remang..

Cobalah nongkrong di restoran bergaya barat bernama “N Grill“. Yang menarik bukan makanannya, tapi restoran  ini bisa berputar. Resto ini berputar setiap 1 jam 40 menit, jadi dimana pun kita duduk, kita tetap bisa menikmati pemandangan  Seoul dari empat arah.

Jangan lupa naik ke N Tower 3, yaitu Digital Observatory yang dilengkapi dengan teleskop untuk melihat kota Seoul. Sky Restroom-nya juga  keren, dihiasi wallpaper motif langit dan kaca yang bisa melihat ke luar, jadi walau lagi di toilet kita tetap bisa melihat panorama kota Seoul.

***

How to get there?

Kita bisa mencapai N Seoul Tower dengan beberapa cara. Karena pemandangannya yang indah, banyak orang (terutama orang lokal) yang memilih ke sini dengan berjalan sembari melatih kekuatan otot kaki atau sekedar menyalurkan hobi tracking. Mobil/motor tidak diperkenankan naik sampai ke puncak N Seoul Tower, sehingga satu-satunya pilihan transportasi ke sana adalah dengan berjalan kaki, naik bus atau kereta gantung (cable car).

Cable Car:

Kalau mau menikmati pemandangan kota Seoul dan Namsan Park dari tampak atas,  naiklah cable car. Untuk mencapai stasiun cable car, caranya naik subway, turun di  Myeongdong Station (Line 4, Exit 3) lalu jalan kaki kira-kira 15-20 menit ke stasiun cable car. Bagian tiket ada di lantai 3. Saat weekend, cable car ini biasanya sangat ramai sehingga kita harus sabar mengantri. Harga tiket cable car 6.000 won (Rp 48 ribu) untuk single trip.

Bus:
Dari Chungmuro Station (Subway Line 3/4, Exit 2), naik bus nomor 2. Pokoknya bus yang ke arah N Seoul Tower, bus ini akan membawa  Anda ke tempat parkir N Seoul Tower. Dari tempat parkir jalan kaki kira-kira 2 menit ke Tower. Bus beroperasi setiap 5-6 menit dari  jam 8 pagi sampai tengah malam. Atau dari Itaewon Station (Subway Line 6, Exit 4), naik bus nomor 3 ke N Seoul Tower.


Jalan kaki:

Dari Myeongdong Station kereta bawah tanah (subway, Line 4), jalan kaki melalui gang sebelah Pacific  Hotel. Dari sini nanti kita sudah bisa melihat NSeoul Tower. Susuri saja jalannya sampai ke atas.

Waktu ke tower ini, saya memilih jalan kaki dari area Myeongdong sambil menyusuri gang-gangnya lalu naik cable car. Siap-siap kaki pegal karena medannya menanjak.. 😀   Kalau gak mau repot, ya naik taksi.. :p

Alamat:
Namsan Hill
Seoul-si Yongsan-gu Yongsandong
2-ga San 1-3

Jam buka:
Minggu-Kamis
Observatory: 10:00-23:00
Restaurant: 11:00-23:00
Teddy Bear Museum: 10:00-22:00 (Last entry: 21:00)

Jumat-Sabtu
Observatory: 10:00-24:00
Restaurants (n.GRILL/Hancook): 11:00-23:00
The place dining: 11:00-24:00 (Last seating: 23:00)
Teddy Bear Museum: 10:00-22:00

Harga tiket masuk NSoeul Tower:
tergantung kunjungannya kemana, kalau cuma ke area tower dan gembok cinta biayanya gratis.

-dew-

11 Comments

  1. @irene:

    Hai Irene, oke aku coba jawab yaa..

    1. Naksi ke cable car station bisa kok, justru disitu ada parkiran mobil juga.. Nah, dari cable car di Nseoul tower ke lokasi Nseoul towernya itu harus menaiki tangga yang lumayan banyak.. 🙂

    2. Kalau wiken, antrian di cable car cukup panjang.. terutama sore hari karena orang2 biasanya ingin melihat NSeoul Tower pada malam hari dengan kekasih mereka (romantis, hihihi..), tapi teratur kok.. antrinya kurang lebih 1/2 jam sendiri.. Kalau kesananya siang, apalagi gak pas wiken (jadi gak terlalu ramai), aku rasa ngejar kok ke bandara.

    Reply
  2. hai, bermanfaat sekali postingannya. aku ada bbrp mau nanya, sehubungan mau ke seoul tower ini. rencananya kami sekeluarga 20rg (ada orang tua juga, 70 than) mau ke sana. cuma aku agak khawatir di : jalan mendaki nya (krn ada ortu) dan ngantri lamanya kalo naik cable car.

    boleh nanya kah:
    1. klo naik taxi dari hotel menuju cable car station. itu apakah ada perlu jalan kaki lagi sampe ke n seoul tower nya?
    2. apakah antri cable car nya lama banget? krn ngejer waktu buat pesawat malam nya

    tks ya sblmnya
    irene

    Reply

Leave a Comment.