Wisata Korea: Changdeokgung dan Gyeongbokgung Palace

Huaaaa…. maaf ya, saya posting soal tempat jalan-jalan melulu.. maksudnya sih, biar gak keburu lupa ceritanya. Berikutnya akan sharing tentang makanan deh, dan juga hostel murah. Sekarang, kita lanjut soal tempat jalan-jalan dulu yaaa.. 😀

Tempat lain yang patut dikunjungi kalau ke Seoul adalah Changdeokgung dan Gyeongbokgung Palace. Dulu, Changdeokgung adalah sebuah vila kerajaan yang dipakai sebagai kediaman sementara saat raja ingin beristirahat dari kegiatannya. Makin lama istana ini makin sering dipakai untuk acara resmi, akhirnya kompleknya diperluas dan jumlah bangunannya ditambah.

Komplek istana ini terdiri dari area publik, tempat tinggal keluarga kerajaan dan taman belakang. Di taman belakang terdapat pohon raksasa yang usianya lebih dari 300 tahun, kolam kecil, dan sebuah paviliun. Timing paling indah untuk melihat taman ini adalah saat musim gugur, ketika daun-daun mulai berjatuhan.

Meski sudah berabad-abad berdiri, istana ini baru ditetapkan sebagai salah satu warisan budaya dunia pada akhir tahun 1997, pada pertemuan komite di Napoli, Italia. Elemen-elemen arsitekturnya sangat ciamik. Saya lupa berapa harga tiket masuk ke istana ini, kalau gak salah sekitar 3.000 won.. 😀

How to get there?

Subway Anguk Station (Line 3, Exit 3). Kemudian jalan kaki sekitar 5 menit. Atau, dari Jongno 3(sam)-ga Station (Line 1, 3 atau 5), keluar lewat pintu Exit 7, lalu jalan kaki sekitar 10 menit.

Alamat:
Seoul-si Jongno-gu Yulgok-ro 99
(Senin tutup)

***

Nah, kalau Gyeongbokgung adalah istana tertua dan terbesar yang dibangun pada saat pemerintahan Dinasti Joseon. Letaknya tak jauh dari Changdeokgung Palace, tepatnya di Gwanghwamun Square, area yang ada patung King Sejong-nya (cerita soal King Sejong menyusul yaaa…)

Saat saya datang, sedang berlangsung upacara pergantian penjaga. Selain istana, di sini juga terdapat dua museum yaitu The National Palace Museum of Korea (terletak di selatan Heungnyemun Gate) dan National Folk Museum (terletak di sebelah timur di dalam Hyangwonjeong). Kalau sempat, mampirlah sebentar ke The National Palace Museum of Korea dan National Folk Museum untuk melihat-lihat. Namanya juga museum, isinya ya gak jauh-jauh dari artefak/alat-alat yang digunakan masyarakat Korea dari dulu sampai sekarang.

How to get there?

Subway Gyeongbokgung Station (Line 3, cari Exit 5), atau dari Ganghwamun Station (Line 5, Exxit 2), lalu jalan kaki sekitar 400 meter.

Biaya masuk:
Dewasa (19-64 thn) 3.000 won
Anak-anak (7-18 thn) 1.500 won

Alamat:
Seoul-si Jongno-gu Sejong-ro 1-1
(Selasa tutup)


-dew-

7 Comments

  1. @mita:
    Ma’acih udah mampir ke blogku yaaa…
    Senang kalau artikelnya ternyata bermanfaat. Jangan sungkan2 nanya kalau ada lagi yang mau ditanya yaaa.. 🙂

    Reply
  2. hi mba dew.. blog nya bagus..postinganya keren bnged..lengkap dn bermanfaat..makasih mbak bisa buat pencerahan buat q bkin itinerary..

    Reply

Leave a Comment.