Wisata Korea: Deoksugung Palace, Keratonnya Seoul

Beruntung bisa stay 9 hari di Korea Selatan, tapi sayang tidak semua tempat bisa saya datangi karena sebagian besar waktu habis dipakai untuk workshop. Jadi saya baru keluyuran di sekitaran Seoul setelah selesai workshop, gak sempat ke Jeju Island dan pulau-pulau lainnya di Korea Selatan.

Di postingan kali ini (dan beberapa postingan berikutnya) saya akan sharing tempat-tempat apa saja yang menarik dikunjungi kalau ke Korea Selatan. Salah satunya Deoksugung Palace.

Deoksugung Palace berlokasi di salah satu sudut perempatan tersibuk di pusat kota Seoul. Yang unik dari istana ini adalah kita bisa menonton upacara pergantian pengawalnya di gerbang Daehanmun (pintu masuk Deoksugung Palace). Karena penasaran, saya memang sengaja datang ke istana ini pada jam pergantian pengawal. Datanglah pada jam 11.00, 14.00 dan 15.30 kalau mau melihat upacara ini (kecuali hari Senin tutup). Mau foto sama pengawalnya, boleh…. asalkan jangan minta foto pas lagi upacaranya yaaa.. 😀

Selain itu, di bagian belakang kompleks istana, di sebelah kanannya National Museum of Art, terdapat sebuah bangunan berarsitektur barat bernama Seokjojeon. Dulu, bangunan ini dipakai sebagai tempat tinggal Kaisar Go Jong. Lalu setelah perang, difungsikan sebagai museum saja. Saat ini bangunan ini sedang direnovasi sehingga ditutup untuk umum.

Pas saya ke sini, pas pula lagi ada peragaan penyambutan tamu duta besar. Jadi mereka memperagakan bagaimana tata cara dan tradisi apa saja yang dilakukan ketika menyambut para duta besar asing. Selebihnya, di kompleks ini kita bisa melihat taman-taman dan bangunan bergaya Hanok (rumah tradisional Korea) yang sudah tua.

How to get there?

Cara tercepat dan ternyaman menuju Deoksugung Palace adalah dengan naik subway, turun di City Hall station Exit #2 (line 1), atau Exit #12 (line 2), lalu jalan kaki sekitar 2 menit ke istana ini.

atau

Kalau kamu malas jalan kaki, coba saja ikut tour bus. Di Seoul banyak layanan tour bus yang akan mengantarkan pengunjung ke beberapa tempat menarik di Seoul, soal tarif saya tak sempat mendatanya. Yang pasti, keluyuran sendiri lebih asyik dan menantang karena sambil nyasar-nyasar dan menyusuri gang-gang yang ada di sana. Kalau saya selama di sana selalu naik subway dan berjalan kaki sambil cuci mata lihat sana lihat sini.. 😀

Gak enaknya karena sendiri, saya jadi gak bisa foto sesuka hati. Jadi yaaa gak bisa narsis :p .. foto-foto yang ada sayanya sangat minim karena tak ada yang memotret saya kecuali minta tolong sama yang lewat ihiks..

Tak apalah, mungkin suatu hari nanti saya bisa backpackeran ke negeri cantik ini berdua sama si @iercaro. Amin!

***

Alamat:
Seoul-si Jung-gu Jeong-dong 5-1

Biaya masuk:
Dewasa (19 – 64) 1.000 won (Rp 8ribu)
Anak/remaja (7 – 18) 500 won (Rp 4ribu)

Jam buka:

09.00 – 21.00 (Ticketing 09.00 – 20.00)
Hari Senin tutup

-dew-

18 Comments

Leave a Comment.