Cara Mengurus Visa Korea Selatan

Alhamdulillah, saya mendapat kesempatan mengikuti trainers workshop yang diselenggarakan oleh Sookmyung Women University di Seoul, Korea Selatan. Waktu itu saya coba apply aplikasi setelah dapat info dari salah seorang relasi riset disana.

Karena itu saya harus mengurus visa sebagai salah satu syarat masuk ke negara tersebut. Mudah-mudahan informasi berikut ini bermanfaat buat teman-teman yang berencana ke Korea Selatan.

Mengurus visa Korea Selatan sangat mudah. Pertama-tama, siapkan seluruh persyaratan visa yang diperlukan sebelum ke Kedubes Korsel. Jenis visa berbeda-beda, tergantung tujuannya untuk apa: sekolah, liburan, atau urusan pekerjaan? Kalau saya, ikut workshop masuk kategori visa bisnis.

Administrasi yang harus dipersiapkan (untuk visa bisnis):
1. Formulir aplikasi visa. Bisa di-download di website Kedubes Korea Selatan atau diisi langsung di kantor Kedubes Korsel (minta ke petugas jaga).
2. Passpor asli dan fotokopi
3. Fotokopi kartu keluarga, KTP, akte nikah (bagi yang sudah merit), akte kelahiran
4. Fotokopi bukti pembayaran pajak (SPT) dan NPWP
4. Surat undangan dari penyelenggara acara
5. Surat tugas dari kantor
6. Jadwal tiket yang sudah confirmed (sebagai pelengkap saja)
7. Pas foto terbaru ukuran 4×6 1 lembar (latar putih), ditempel di formulir aplikasi
8. Fotokopi rekening bank 3 bulan terakhir (sengaja saya siapkan untuk jaga2 saja)

NB: Bagi yang sudah pernah ke Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, Jepang, dan Kanada, syaratnya lebih mudah.. tidak perlu selengkap itu..

Nah, jika syarat di atas sudah lengkap, antarkan donk ke kantor Kedubes Korsel. Oya, kantor Kedubes Korsel sudah gak di Gatot Subroto lagi yaaa…, sekarang sudah pindah ke The Plaza Office lantai 30, persis di sebelahnya Plaza Indonesia atau seberangnya Hotel Nikko yang di bunderan HI. Yang di Gatot Subroto sedang direhab.

Bagian konsular buka dari Senin – Jumat dari jam 9 – 12 siang untuk pengambilan visa, sedangkan untuk pengambilan visa dari jam 14 – 16 sore.

Begitu sampai di Kedubes, segera ambil nomor antrian. Selanjutnya tunggu panggilan. Jika sudah mendapat giliran, maju ke loket terkait. Nanti petugas di loket tersebut akan memeriksa berkas-berkas kita. Kalau semua sudah OK, petugas akan meminta payment Rp 270ribu (untuk visa bisnis, single entry, 3 bulan).

Lama pengurusan visa umumnya 3-4 hari kerja, kalau diperlukan interview akan dihubungi lagi. Setelah bayar, kita akan mendapatkan kwitansi untuk pengambilan visa. Sebelum mengambil visa sebaiknya telepon dulu dengan menyebutkan nomor yang ada di nota pembayaran, tanya apakah visa sudah jadi atau belum biar gak bolak-balik. Dan Alhamdulillah visa saya selesai dalam 4 hari kerja.. kalau tidak ada halangan, mudah-mudahan akan berangkat akhir minggu depan. Oleh-oleh cerita selama di Korsel akan saya posting di sini.. tunggu yaaa.. :)

Alamat Kedubes Korea Selatan

The Plaza Office Tower, Lt. 30
Jl. H.M. Thamrin Kav.28-30, Jakarta Pusat 10350
E-mail : koremb_in@mofat.go.kr

Konsular dan Visa
- Telp : 021 2992-3030
-  Fax : 021 2992-1700

-dew-

112 Comments

  1. kalo misal nya di tanya rekening berap no minalnya ,dan misal nya turis di persulitga ,dan tolong mohon bimbingannya .thnks

    Reply
  2. Update:
    Kedutaan Korea sudah pindah, bukan di Gedung The Plaza lagi tapi di Jl. Jend Gatot Subroto Kav 57-58. Kalo dari Kuningan tepat sebelum RS Medistra.
    Biaya aplikasi visanya Rp. 300.000,-

    Reply
  3. saya hendak bertanya jikalau saya hendak tinggal lama di korsel semisal 1atau 2 thn itu visanya visa apayah????
    trus klo di perksa rekening tiga bln terakhir minm brp yah mba???
    mohon bantuannya????

    Reply
  4. Selamat pagi, Mbak..
    Bersyukur sekali bisa menemukan postingan ini.. Saya dan teman2 memiliki rencana untuk liburan ke Korea Selatan tahun 2013 nanti.. Sekarang sedang giat menabung, semoga terwujud.. ^-^.
    Rencananya saya mengambil cuti tahunan untuk jalan2 ke sana.. Oya Mbak, kalau mengurus visa oleh PNS seperti saya, apakah syarat2 visa turis sama seperti yang Mbak sebutkan di atas atau ada syarat tambahan lain ya Mbak..? Surat keterangan kerja apa cukup ditandatangani oleh atasan langsung (Kepala Puskesmas) atau dari instansi (Dinas Kesehatan)..?
    Terimakasih banyak..

    Reply
  5. hi. mau numpang tanya , kalau kita da pernah ke korea dan terus ingin mengajukan visa diatas 90hari apa bisa ? dengan persyaratan apa ya? trus kalau kita di berikan visa 90 hr apa boleh kita gunakan 88 hari. terima kasih , tlg bantuannya by email . roby_chang@yahoo.com tq.

    Reply
  6. Mbak Dew, saya taun depan mau ke korea, ni lg parno banget sama visa, takut ketolak T.T
    Saya udah kerja, tapi ga punya NPWP, apa bisa ya mbak apply ga pake NPWP?
    kalo surat referensi dr perusahann sama tabungan sih msh bisa diusahain..

    thx.. :)

    Reply
  7. mbak …. aku pernah di korea 6 th pulang baru 5-9-2012
    aku pakai nama palsu slamet raharjo, sebenarnya namaku asli ragil sutardianto
    kemudian aku mau ke sana kembali. bagaimana ya cranya , pakai nama slamet raharjo(palsu) atau ragil sutardianto (asli)

    Reply
  8. Hai Mba Dewi,

    nice info. Aku juga rencana mau ke korea tahun depan, bulan agustus, tiket pp udah ada pakai air asia. Lagi berusaha nabung buat kesana juga. Kalau ke korea, mesti punya kartu kredit buat jaga2 ga? Soalnya aku ga punya, dan males buat punya ..hihihi..

    tolong di balas ya mba. Thanks :D

    Reply

Leave a Comment.