Cara Mengurus Visa Korea Selatan

Alhamdulillah, saya mendapat kesempatan mengikuti trainers workshop yang diselenggarakan oleh Sookmyung Women University di Seoul, Korea Selatan. Waktu itu saya coba apply aplikasi setelah dapat info dari salah seorang relasi riset disana.

Karena itu saya harus mengurus visa sebagai salah satu syarat masuk ke negara tersebut. Mudah-mudahan informasi berikut ini bermanfaat buat teman-teman yang berencana ke Korea Selatan.

Mengurus visa Korea Selatan sangat mudah. Pertama-tama, siapkan seluruh persyaratan visa yang diperlukan sebelum ke Kedubes Korsel. Jenis visa berbeda-beda, tergantung tujuannya untuk apa: sekolah, liburan, atau urusan pekerjaan? Kalau saya, ikut workshop masuk kategori visa bisnis.

Administrasi yang harus dipersiapkan (untuk visa bisnis):
1. Formulir aplikasi visa. Bisa di-download di website Kedubes Korea Selatan atau diisi langsung di kantor Kedubes Korsel (minta ke petugas jaga).
2. Passpor asli dan fotokopi
3. Fotokopi kartu keluarga, KTP, akte nikah (bagi yang sudah merit), akte kelahiran
4. Fotokopi bukti pembayaran pajak (SPT) dan NPWP
4. Surat undangan dari penyelenggara acara
5. Surat tugas dari kantor
6. Jadwal tiket yang sudah confirmed (sebagai pelengkap saja)
7. Pas foto terbaru ukuran 4×6 1 lembar (latar putih), ditempel di formulir aplikasi
8. Fotokopi rekening bank 3 bulan terakhir (sengaja saya siapkan untuk jaga2 saja)

NB: Bagi yang sudah pernah ke Australia, Selandia Baru, Amerika Serikat, Jepang, dan Kanada, syaratnya lebih mudah.. tidak perlu selengkap itu..

Nah, jika syarat di atas sudah lengkap, antarkan donk ke kantor Kedubes Korsel. Oya, kantor Kedubes Korsel sudah gak di Gatot Subroto lagi yaaa…, sekarang sudah pindah ke The Plaza Office lantai 30, persis di sebelahnya Plaza Indonesia atau seberangnya Hotel Nikko yang di bunderan HI. Yang di Gatot Subroto sedang direhab.

Bagian konsular buka dari Senin – Jumat dari jam 9 – 12 siang untuk pengambilan visa, sedangkan untuk pengambilan visa dari jam 14 – 16 sore.

Begitu sampai di Kedubes, segera ambil nomor antrian. Selanjutnya tunggu panggilan. Jika sudah mendapat giliran, maju ke loket terkait. Nanti petugas di loket tersebut akan memeriksa berkas-berkas kita. Kalau semua sudah OK, petugas akan meminta payment Rp 270ribu (untuk visa bisnis, single entry, 3 bulan).

Lama pengurusan visa umumnya 3-4 hari kerja, kalau diperlukan interview akan dihubungi lagi. Setelah bayar, kita akan mendapatkan kwitansi untuk pengambilan visa. Sebelum mengambil visa sebaiknya telepon dulu dengan menyebutkan nomor yang ada di nota pembayaran, tanya apakah visa sudah jadi atau belum biar gak bolak-balik. Dan Alhamdulillah visa saya selesai dalam 4 hari kerja.. kalau tidak ada halangan, mudah-mudahan akan berangkat akhir minggu depan. Oleh-oleh cerita selama di Korsel akan saya posting di sini.. tunggu yaaa.. :)

Alamat Kedubes Korea Selatan

The Plaza Office Tower, Lt. 30
Jl. H.M. Thamrin Kav.28-30, Jakarta Pusat 10350
E-mail : koremb_in@mofat.go.kr

Konsular dan Visa
- Telp : 021 2992-3030
-  Fax : 021 2992-1700

-dew-

Comments (111)

Icha pideDecember 16th, 2011 at 11:12 PM

terimakasih informasinya..kami rencana akan liburan ke Kor Sel…kalaulah setiap orang yang pernah mengurus visa dalam perjalanan ke LN..pasti akan sangat memudahkan dan membantu orang lain yang akan bepergian..sekali tks kami tunggu postingannya selama di Kor sel

dewDecember 16th, 2011 at 11:31 PM

@Icha: you’re welcome… senang bisa membantu walau cuma lewat tulisan… have fun yah nanti liburannya.. :)

ajiDecember 28th, 2011 at 10:04 PM

Hi,,annyong haseyo,,maaf blh mnta cntact persnnya dikorea?,,mo sharing dikit nih. skrg sy domisili dikorea dgn visa kerja,tp ingin kembali dan mngganti visa bisnis.mo nanya ttg poin 4.(surat undangan dari penyelenggara acara) mohon dijlasin lg donk^^

dewDecember 29th, 2011 at 4:40 PM

@aji: maaf, kontak person siapa maksudnya ya? saya nggak tinggal di korea.. :p

soal surat undangan, sengaja saya lampirkan untuk mempermudah urus visa saja.. kalau memang ada undangannya kan jelas ya acaranya apa, dan dibiayai oleh siapa.. harusnya kalau sudah pernah bikin visa, untuk memperpanjang lebih mudah..

audiJanuary 7th, 2012 at 11:00 PM

oh iya, gue mau nanya. kalo liburan ke korea, bagusan pake paket tour gitu apa sendiri aja yaa? gue sama temen2 gue ada rencana nih mbak buat liburan ke korea. info dong buat yang tinggal di koreaaa :)

dewJanuary 9th, 2012 at 5:31 PM

@audi: mending sendiri gak pake tour.. apalagi kalau sama teman2, asyiknya diatur sendiri jd enak mau kemana-kemananya.

saya gak tinggal di korea, cuma berkunjung bbrp hari ikut workshop trus eksten backpack-an.. saya nginep di hostel murah meriah, semalamnya 20.000 won (Rp 160rb), di daerah Hongik University.. coba aja cari info hostelnya disini: http://www.hostels.com/

DianJanuary 18th, 2012 at 6:30 AM

Thanks infonya Dewi.
Very useful :)

dewJanuary 20th, 2012 at 1:06 PM

@Dian:
You’re welcome Dian… :)

hendryJanuary 21st, 2012 at 9:50 AM

halo mbak Dian, saya mau nanya apakah mbak tau gampang gak mengurus visa F (setau saya visa kerja) di Korsel tapi kita belum diterima kerja apa2 di sana? makasih ya… :D

jennyJanuary 25th, 2012 at 5:53 PM

hallo mba, saya mau tanya klo visanya sudah keluar, pengambilannya bisa diwakilkan ga ya? soalnya kemarin yang apply suami aku, tp berhubung dia harus training dia tdk bisa ambil, jadi harus aku yang ke embassy….

dewJanuary 30th, 2012 at 10:20 PM

@Jenny: setau saya bisa diwakilkan mbak… :) semoga lancar yaaaa..

david gultomFebruary 25th, 2012 at 1:10 PM

mbak.. biaya untuk visa rekreasi/liburan kira2 habis berapa yah?
thx yah..

dewMarch 1st, 2012 at 4:20 PM

@David:
visa rekreasi untuk single entry (di bawah 90 hari), biayanya sekitar 30 USD (kira2 Rp 270ribuan). Kalau single entry (di atas 90 hari) kena 50 USD

HarryMarch 21st, 2012 at 4:44 PM

Emm mau naxa ni mbak. Kalo ngurus visa untuk visa liburan ada wawancaranya gak mbak?

dewMarch 21st, 2012 at 9:36 PM

@harry:
Biasanya sih enggak ya… Dan setau saya ngurus visa korea malah lebih mudah dan gak terlalu ketat seperti ngurus visa amerika misalnya. Teman saya, urus visa amerika, visanya pernah ditolak padahal udah melampirkan surat undangan dan syarat2nya lengkap.. :)

dewMarch 21st, 2012 at 9:42 PM

@hendry:
Punten baru respon sekarang..
Kalau ngurus visa kerja saya kurang tahu, coba hubungi pihak kedubesnya saja, atau datang langsung ke kedubesnya agar infonya lebih jelas.. :)

rinarMarch 28th, 2012 at 3:43 PM

Mbak Dewi, mau tanya. Kalau saya berangkat ke Korea baru nanti tanggal 21 Januari 2013, apakah visa turis sudah bisa diproses dari sekarang? Saya rencana bawa keluarga melancong ala backpacker aja sekalian pengalaman pas winter. Apakah syarat2 yang sudah disebutkan tadi sudah mencukupi? Saldo tabungan minimal berapa dan maksudnya 3 bulan terakhir apakah harus mengenap dulu? Terima kasih

dewMarch 28th, 2012 at 4:22 PM

@rinar:
Halo, apa gak kecepetan ngurusnya? Kalau short term visa setau saya masa berlakunya terbatas, tergantung jenisnya: ada yang di atas 3 bulan atau di bawah 3 bulan. Sedangkan untuk multiple visa berlaku utk 3 thn. Dan lama proses visa biasanya 3-4 hari aja. Untuk memastikan bisa nggak urus dari sekarang, lebih baik ditelp saja kedubesnya (info nomornya ada di atas).. Setau saya gak bisa, karena masa berlakunya singkat (kecuali urus visa yg untuk 3 thn), bisa ngurus mulai sekarang.. :)

Untuk wisata keluarga, syarat visanya:
1) Formulir permohonan visa (dilengkapi dengan pasphoto)
2) Passport asli dan fotokopi passport
3) Kartu keluarga
4) Surat keterangan kerja salah satu anggota keluarga termasuk SIUP (dikecualikan apabila tidak bekerja)
5) Bukti keuangan dari salah satu anggota keluarga: bisa SPT, laporan buku tabungan 3 bulan terakhir, tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir, surat keterangan pemegang Jamsostek, atau bukti tunjangan pensiun

*untuk anggota keluarga pemegang tidak perlu melampirkan point 4) dan 5).

soal syarat minimal berapa, gak pernah disebutin.. dan gak harus ngendap. Kalau saya sih, pinjam aja duit saudara/teman dulu 10 juta, lalu masukin ke rek kita. Besoknya diprint.. itu sudah cukup biasanya. Sebenarnya bukti tabungan ini untuk menunjukkan bahwa kita gak bakal nge-gembel atau jadi anak terlantar disana heheheee…

Gutlak yaaaa.. :)

NovianApril 4th, 2012 at 5:37 PM

Hallo Mba Dewi,
saya berencana ke Korsel tgl 21-30 agustus 2012, travelingnya solo, dan tiket air asia pergi dan pulang sudah confirm. Untuk mendapatksan visa liburan seperti saya yang solo traveler, apakah sama dengan syarat visa wisata keluarga? Saya pikirtadinya cukup dengan (1) Formulir permohonan visa (2) Paspor asi dan fotocopy (3) Surat keterangan dari bank bahwa kita nasabah bank tersebut (4) Copy buku tabungan bank (min 10 juta). Kebetulan sekarang pekerjaan saya freelance, apakah masih dibutuhkan surat keterangan kerja? Mohon info nya ya. terima kasih banyak atas bantuannya. Salam.

AsratApril 7th, 2012 at 1:16 AM

Mba bleh mnta fbny, sya pgn tau lbh jlz lg mba…infonya,tanks

dewApril 12th, 2012 at 1:17 PM

@Novian:

Hai, punten baru balas sekarang.. :)

Untuk turis, syaratnya kurang lebih sbb:
1) Formulir permohonan visa yang dilengkapi pas photo
2) Passport asli dan fotokopi
3) Kartu keluarga
4) Surat keterangan kerja dan SIUP (kalau nggak berkerja surat keterangan tersebut nggak usah dilampirkan)
5) Fotokopi bukti keuangan: bisa SPT, atau laporan buku tabungan 3 bulan terakhir, atau tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir

oya, jadwal tiketnya sekalian aja dilampirkan, buat nambah2 syarat aja hehehe..

have a nice trip ya.. ;)

FebieApril 12th, 2012 at 11:34 PM

Halo kak ^^ aku n temen2 udah beli tiket AirAsia ke korea tgl 17-26Agt, jg uda booking guesthouse di Marry Hongdae Guesthouse, n sdh ada balasan email dr pemilik guesthouse yg beserta stempel dr guesthouse dia, syarat2 utk tabungan, SIUP n SPT sdh siap sih, apakah bisa aku lolos utk dapetin visa ? Takuuuut banget T__T itinerary jg sdh siap. apakah besar kemungkinan utk di terima visanya? *GugupTakTerbendung … Mohon informasi nya ya ^^ ?????

dewApril 13th, 2012 at 1:44 PM

@Febie:

Halo juga adek ^^
Wah nginepnya di Hongdae, dulu saya juga nginep di daerah itu hehee..
Visanya pasti diterima (mudah2an), Korea gampang kok… jangan takut… ;)
Tiketnya sekalian aja dilampirin, biar makin lengkap :p
Asyik nih liburan rame2 sama temen2, lagi musim panas tuch disana.. have fun ya say… :D

FebieApril 13th, 2012 at 10:18 PM

Iya musim panas tp takutnya kena musim hujan (Jangma) aja bln 8 gitu T__T iya di Hongdae cukup strategis trus Line subway nya Line 2, byk Jalur hehe. Sampe disana ga nemu kesulitan2 gitu kan ya ? Lbh fleksibel mana naik subway ato bus? Kdg liat map subway mau ke 1tujuan mesti lewati bbrp station dulu. rencana mau ke nami island gyeonggi-do pake subway, tp dari hongik station ke Konkuk station aja sdh mlewati 16 station T__T dah gitu transfer lg ke Line 7 trus transfer lg n lagi kyknya cape banget.. Solusi terbaiknya gmana ya ? Secara mau menghemat jg gitu …. Mohon masukannya ya hehehehe

FebieApril 14th, 2012 at 6:27 PM

oh ya kak, sering dengar gak ada org yg apply visa korea tapi di tolak ? karena alasan apa ya ? … oh ya mengenai Surat keterangan Kerja / surat sponsor, itu mungkin gak pihak embassy konfirmasi ke perusahaan tempat kerja kita ?

hendriApril 15th, 2012 at 11:44 AM

halo kak, saya mao tanya2 ni, ( pengalaman pertama mao keluar negeri ) hehehe
apa bukti tabungan selama 3 bulan itu wajib ada ?minimal berapa ya ?penghasilan saya ga besar T_T
slnya saya masih pelajar yang sedang berusaha menabung untuk bisa liburan ke korea tahun depan,hhehehhehe
thanks atas infonya

dewApril 18th, 2012 at 4:11 PM

@Febie:

jangan takut kesulitan krn orang2 disana ramah2 kok.. lagipula kamu perginya rame2, jadi kalaupun nyasar kan nyasar bareng2.. :) ) saya pas di sana malah sendirian keluyurannya.. :D

soal fleksibel naik subway/bus, saya jadi dapat ide utk bikin postingan tentang transport disana.. tungguin ya :P

oya jangan takut visanya ditolak, mudah2an diterima yaaa.. konfirmasi ke perusahaan sangat jarang, yg penting ada cap resmi aja sih kayaknya

dewApril 18th, 2012 at 4:19 PM

@Hendri:

kamu kan masih pelajar, jadi lampirkan surat keterangan pelajar aja.. dan bukti keuangan milik orang tua..

Cayoooo…smoga bisa segera terwujud impian jalan2nya :)

FebieApril 18th, 2012 at 10:13 PM

Oke ^^ soal bahasa ga mslh sih, aku bisa baca tulis Hangeul ^^ cuma ya mah takut aja hehe siplah ^^ thanks ya masukan n infonya semoga visaku lolos .. Doakan ya

dewApril 24th, 2012 at 11:49 AM

@Febie:

Wow, kereeeen jago baca tulis Hangeul..
smoga visanya lolos *berdoa

AyuApril 29th, 2012 at 3:13 PM

kaaak..
aku ada rencana ke korea dan sekolah disana..
kakak Tau ga ada sekolah SMA yg ada Siswa orang Indo..?
Trus Juga pelajar kayak aku gini,Ngurus Visanya Gimana,.?
Bukti keuangan OrTu itu maksudnya apaa.?

Bantu ya kaak.. :)

FebieMay 5th, 2012 at 3:38 PM

Kak Dew.. beda surat keterangan kerja sama surat sponsor perusahaan dimana sih? baca sana sini koq makin bingung ya aku, setau aku surat sponsor perusahaan itu kalau yg bersangkutan ada tugas ke sana . trus biaya di tanggung sama perusahaan bukan ? makanya terbitlah itu surat sponsor perusahaan. kalo aku yg sebagai karyawan mau ke korea tapi dalam rangka liburan (cuti) trus itu pun apply visanya via travel agent, apa perlu surat sponsor perusahaan ?atau hanya perlu surat keterangan kerja aja ? yg isinya menyatakan bahwa benar aku karyawan PT itu, trus akan berlibur ke korea dari tanggal sekian s/d sekian, diketik di kertas surat ber Kop, nama jelas Human Resources Manager + ttd + cap perusahaan. mohon penjelasannya ya.. Thank u ^^

andri flavaMay 8th, 2012 at 7:25 PM

Kak…mohon pencerahannya…
Aq khan diajak ikut kerja di korea tp pake visa undangan,lama dsana 1 taun kak…
Yg aq tnyain apa proses visa undangan bnr2 ada dan mudah prosedurnya jika bnr2 ada yg menjamin
dr sana……..ya wlpn aq tau bahaya buat bekerja pake visa undangan….
Aq tnggu pencerahannya ya kak thankz berat sukses selalu buat kaka…..

RenyMay 9th, 2012 at 10:10 AM

Hai kak, salam kenal. Aku jg pngn bgt ke korea nih,. masalah pengurusan visa bisa di urus secara online atau nitip gak kak, soalnya aku tinggal di Riau, jadi kalo harus bolak balik jakarta takut berat di ongkos, hehe maklumlah kak, masih mahasiswa, ini juga masih nabung2 untuk modal ke korea.

dewMay 11th, 2012 at 9:41 AM

@Febie:

Surat keterangan kerja = isinya menyatakan bahwa kamu kerja di perusahaan tsb, lalu ditandatangan atasan + cap perusahaan.

Surat sponsor perusahaan = itu biasanya surat undangan dari yang mengundang kita, jadi semacam surat undangan dari penyelenggara acara dan di dalamnya dijelaskan bahwa mereka akan mengadakan acara apa, tanggal berapa, dimana, dan di bagian akhir biasanya juga dijelaskan bahwa mereka akan menanggung semua biaya kita..

Kalau liburan gak perlu surat sponsor kayaknya.. kan kamu jalan2 bukan kerja/ikut workshop :p apalagi ngurusnya pake travel agent, pasti nanti kamu dikasih tau kok kalau ada berkas2 yg belum lengkap.

ngurus visa korea mudah kok, gak ribet.. :) dan gak galak2 juga petugasnya heheh..

dewMay 11th, 2012 at 9:44 AM

@andri flava:

Hahh? Visa undangan? baru dengar…
wahduh, maap yaaa gak bisa bantu infonya karena belum pernah.. coba datangi pihak kedubesnya aja, tanya2 ke petugasnya.. :)

dewMay 11th, 2012 at 9:58 AM

@Reny:
Sayangnya belum bisa online, tapi bisa nitip.. syarat2nya dilengkapi dulu aja.. setelah diserahkan syarat2nya, nanti tinggal menunggu.. tapi kalau perlu ada wawancara, maka kamu harus hadir.. untung2an sih diwawancara atau enggak hehehe.. kalau cuma jalan2 biasanya sih jarang ada wawancara.. :)

dewMay 11th, 2012 at 10:13 AM

@Ayu:

Suwer, gak tau info sekolah SMA yang ada orang Indonesianya..
Ketemunya waktu ke salah satu universitas di sana.. Saya berjumpa dengan salah satu mahasiswi asal Indonesia, dia ikut pertukaran pelajar.. Yang jelas kalau mau sekolah disana harus bisa baca tulis Hangeul.. :) Maaf yaa gak bisa bantu.. :D

nurMay 11th, 2012 at 8:43 PM

wah…seneng bgt nih nemu info ini…

insya Allah saya dan keenam rekan saya akan brangkat k korsel juni-agustus tahun ini utk riset. Berarti visanya trmasuk jenis visa sekolah ya?
Btw,itu semua srayatnya harus lengkap ya? tiket jg hrus udah confirmed? kl tiketnya one way aja gpp?

AmieMay 13th, 2012 at 4:42 PM

Hallo kak…Saya mau tnya klo mau ke korea pake visa liburan gmna cra’X dan brapa biaya kira”,saya sendri brangkat kesana.mkasih ya kak…

dewMay 15th, 2012 at 8:06 PM

@nur:

sepertinya termasuk visa bisnis deh mbak.. :)
lebih baik syaratnya lengkap, biar gak bolak-balik. Nah untuk tiket, itu juga saya lampirkan sebagai penunjang saja..biar makin keliatan bahwa saya sudah prepare hehehe.. :D

dewMay 15th, 2012 at 8:11 PM

@amie:

Hai Amie..
Syaratnya:
Untuk turis, syaratnya kurang lebih sbb:
1) Formulir permohonan visa (dilengkapi pas photo)
2) Passport asli dan fotokopi
3) Kartu keluarga
4) Surat keterangan kerja dan SIUP (kalau nggak berkerja surat keterangan tersebut nggak usah dilampirkan)
5) Fotokopi bukti keuangan: bisa SPT, atau laporan buku tabungan 3 bulan terakhir, atau tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir

Kalau kamu masih pelajar, maka perlu melampirkan surat keterangan pelajar dan bukti keuangan milik orang tua..

Biayanya:
- Single Visa(di bawah 90 hari) : USD 30
- Single Visa(di atas 90 hari) : USD 50
- Multiple Visa : USD 80

noviMay 16th, 2012 at 9:11 PM

halo mba salam kenal
saya mau tanya
saya rencana k korsel september nanti
baru selesai buat paspor
yg jadi masalah alamat rumah di paspor dan ktp beda beda RWnya saja c yg di harusnya 13 jadi 03
kira2 nanti saat saya mengajukan visa korea jadi masalah tidak ya mba
apa ktp dan kk sangat penting dalam mengurus visa
saya takut di tolak hanya karna masalah alamat yang beda huruf
makasih mba
mohon petunjuknya

satu lagi mba apakah tabungan harus 15 jt karna tabungan saya tidak sampai 15jt
sekali lagi trimakasih mba

RenyMay 18th, 2012 at 6:25 PM

Makasih udah reply kak :)

Reny mau nanya lagi nich kak, kalo visa multiple itu kan bisa dipake selama 3 thn. 3 tahun itu qta bisa bolak balik indonesia-korea atau stlh 3 tahun disana baru bs balik ke indonesia kak?

ArdhyMay 23rd, 2012 at 3:45 PM

Hii Dew

Mau nanya, susah nggak sich kalau mau naik Kereta (KTX) dari seoul ke busam, soalnya pergi bawah anak kecil.

Thanks

mitaMay 26th, 2012 at 6:51 AM

hi..mba dew..mohon pencerahan.. mbak bisa menta contoh itinerary k korsel..buat d lampirkan apply visa..makasih sbelumnya..

dewMay 29th, 2012 at 5:38 PM

@novi:
Mudah2an gak papa yaaa.. *ikut doain biar visanya lolos :)
Soal nilai tabungan berapa, gak ada patokannya.. yang penting (menurutku) kita dianggap “mampu” dan gak akan ‘ngegembel’ disana.. makanya kadang2 perlu lampirin bukti keuangan.. :)

dewMay 29th, 2012 at 5:40 PM

@Reny:
Sori baru respons sekarang…hehehee.. :D
Oh, tentu aja kamu bebas bolak-balik indonesia-korea.. itu cuma masa berlakunya aja.. :) Kalau masa berlakunya sudah habis, maka kalau mau pergi lagi kesana kamu harus urus visa lagi.. gicuuu… :)

dewMay 29th, 2012 at 5:50 PM

@Ardhy:
Hai mas, setau saya gak susah.. kayak naik kereta api antar kota di Indonesia, cuma ini super cepat.. Seoul – Busam kira-kira 2,5 jam. Pesan tiketnya bisa online, di http://www.korail.com/en/rv/pr21100/w_pr21110.jsp

dewMay 29th, 2012 at 5:53 PM

@mita:
Aku gak pake itinerary say.. jadi gak punya.. di sana aku jalan2 sendiri, gak pake itinerary :) dan kayaknya gak terlalu perlu melampirkan itu, bukti pesan tiket + hotel aja sepertinya sudah cukup.. :)

rikoMay 29th, 2012 at 11:08 PM

hi……mbak
mohon pencerahannya nih
kalo saya tinggal di luar jakarta
gimana caranya ngirim formulirnya?

SiscaJune 1st, 2012 at 9:46 AM

Hai mbak. Saya mau nanya nih. Saya n teman2 it rencananya mw kekorea. Ada 2 rencana mbak. Yg prtama bwt liburan, tp dlm jgka wktu bbrpa bulan. It visa nya gmn mbak? Trus tabunganya min brpa? Nah yg ke2, klo mw buka usaha dkorea, it visa nya jenis ap?? Kmgkinan pengurusan visa it dtolak, klo ap mbak. Mksih :D

dewJune 1st, 2012 at 3:40 PM

@riko:

urusnya bisa via nitip temen..minta tolong masukin berkasnya, atau pilihan lainnya ya via agen travel.. :)

dewJune 1st, 2012 at 3:52 PM

@Sisca:

Hai Sis..
Kalau liburan berarti urus visa turis, syaratnya monggo dibaca di komen bagian atas yaaa.. :)

Nah, soal tabungan, sebenarnya gak ada patokan berapa-berapanya.. itu kayaknya cuma syarat aja, untuk nunjukin kalau kita ada biaya utk hidup disana.. istilahnya: gak bakal ngegembel :D Kalau aku, biasanya pinjem duit temen/keluarga bbrp juta, lalu masukin tabungan trus diprint deh tabungannya.. (abis itu jangan lupa duit yg dipinjem dibalikin yaaa hahahaa…)

Soal buka usaha, punten belum bisa bantu kasih informasinya euy… kurang tau… next time kalau kesana lagi nanti aku coba cari tau :)

nadya permadiJune 4th, 2012 at 9:12 AM

annyeonghaseyo eonnie… salam kenal :)
mau nanya nih, saya kan masih mahasiswa, rencana ke korea awal tahun depan. insyaAllah tabungan udah mencukupi utk apply nanti. kira2 kalau masih mahasiswa gini tapi tabungan sendiri udh mencukupi, perlu gak ya melampirkan bukti keuangan org tua lagi? lalu bukti keuangannya itu dalam bentuk gimana? print out tabungan juga atau apa? mohon tanggapannya. kamsahamnida eonnie :)

estiJune 4th, 2012 at 12:48 PM

Mba Dew…mau tanya niihh…untuk bukti keuangan berupa copy buku tabungan…referensi dari bank yg bersangkutan perlu kita lampirkan ga yaa…and untuk karyawan slain surat keterangan dari perusahaan copy SIUP perusahaan wajib dilampirkan ya mba…..mohon dibantu informasinya mba…makasiiihhh

fakhriJune 4th, 2012 at 7:43 PM

hallo mba dew,mau tanya nih..aku kpengen banget kerja d korea,tapi kayaknya proses or program yang ada susah n lama banget yaa,hee..ada cara lain gk ya supaya bisa cpet brangkat sndiri dengan multiple visa brngkali atau gimana gtu,,
mohon masukanya ya mba,,mkasihh

rikoJune 5th, 2012 at 9:49 PM

satu lagi mbak mau tanya….kalo tabungan 40 jtaan cukup untuk apply gak?
soalnya mo apply berdua sama orang tua saya….

aanJune 7th, 2012 at 4:52 PM

mbak, kita dari luar pulau (sumatera) kalo mo apply visa ke korea, apakah harus urus langsung ke jakarta,? gimana pengalamannya;
katanya harus foto langsung, retina dan sidik jari lagi ya…
thx

dewJune 8th, 2012 at 7:43 PM

@Nadya:

Hai Nadya…. salam kenal juga *salaman :D
Kayaknya bukti tabungan sendiri aja cukup. BUkti tabungannya dalam bentuk print out, kalau kamu pakai internet banking dan rajin menyimpan transaksinya setiap bulan, pakai itu aja… jadi gak perlu minta ke bank lagi.. Kalau belum punya ya harus minta ke bank print outnya.. :)

dewJune 8th, 2012 at 7:46 PM

@esti:

- Referensi dari bank gak perlu, cukup print out tabungannya aja..
- Surat keterangan kerja aja cukup harusnya.. aku gak melampirkan SIUP kok.. :)

Semoga berhasil… :D

dewJune 8th, 2012 at 7:47 PM

@fakhri:

Sayangnya aku gak tau bagaimana prosedur kalau mau kerja disana.. sudah tanya ke kedubesnya langsung? Maaf ya gak bisa bantu… :D

dewJune 8th, 2012 at 7:49 PM

@riko:

Halo riko, tidak ada patokan berapa jumlah tabungan kok.. Aku rasa lebih dari cukup tuh. Sebenarnya bukti tabungan itu hanya untuk menunjukkan bahwa kita ada biaya selama di sana.. :)

dewJune 8th, 2012 at 7:53 PM

@aan:

Syarat apply visa hanya dokumen (kecuali dipanggil wawancara), tidak pakai foto2 di tkp hehehe.. justru kamu harus nyiapin pas foto berlatar putih (seperti yang aku sebutkan di atas), lalu dilampirkan dalam dokumen persyaratan.

Beda halnya kalau kamu urus paspor, fotonya memang harus langsung di tempat dan ada sidik jari pula.. :)

aciJune 9th, 2012 at 10:26 AM

mbak kalau di korea hostel yang murah dimananya ya?

hestiJuly 1st, 2012 at 7:33 PM

Halo mba dew, aku hesti. Tgl 28 nanti aku sm temenku kekorea ikt program summer school dan sdh urus visa u/ dibawah 90hari. Nah yg saya bingungkan, ternyata sy keterima prog exchange student selama setahun,tp saya udah terlanjur ngurus visa u/ dibawah 90hari. Kalo udah kyk gini seebaiknya gmn ya mba? Saya bingung apakah saya harus apply visa lg u/ yd diatas 3 tahun atau saya bisa memperpanjang visa saya yg dibawah 90 hari ini? Terimakasih :)

NaomiJuly 7th, 2012 at 1:19 PM

Mba dew, (??´?`) ??ä?? ?öü (´?`??) bngt infonya dari
Atas sampai bwah bermanfaat banget,
Oh ya, tolong share ya mba, buat yang mau ke korea bareng
Mau kerja, atau traveling, mau bareng aku ga, bsa email aku
Ke omii_l@yahoo.com
Mba. Aku rencna mau tingal, kerja, kuliah, dan jalan2 di
Sana, (semoga lancar (????) )
Kok katanya org3 rekening terakhir min 50jt ya mba?
Trus kalo di aku print bukti rek 3bln trakhir tapi cuma 1bln
Terakhir yang ada isinya, lolos gak ya mba.. Gomawo,
Mianhae bnyk tanya

mimiJuly 7th, 2012 at 6:33 PM

mba, numpang share juga lagi cari yang mau bareng backpackeran ke korea, yang mau bareng ke korea tapi ribet urus visa dll, bisa hub 089636035335 jadi bisa bareng perginya, yang di luar kota klo mau ikut juga bisa

anaJuly 16th, 2012 at 2:39 PM

Hi mbak mau tanya.. Aku kan udah kerja, tp blom punya NPWP, NPWP itu wajib ga? apa kita cuma perlu serahin surat keterangan kerja aja? Trims

AchaiJuly 23rd, 2012 at 8:32 PM

Dear Dew, saya di Medan. Saya sudah beli tiket pesawat ke Korea Selatan utk tgl 13 Mei 2013. Sekitar kapan ya cocoknya saya memasukkan permohonan visa? bisa dititipkan ke teman yg di Jakarta ya?(berhubung saya stay di Medan) Trus.. itu print tabungan kita, maksudnya print buku tabungan atau print rekening koran? trus uang kita harus ngendap berapa lama? Mohon pertunjuknya.

erickaJuly 27th, 2012 at 7:54 AM

mau tny ni kl q krj dihk trus finis mau plg indo tp pgn kekorea dl.apa saratnya jg sm.apa ckp paspor kntr k
kerja n bk tabungan?so pesawat kan otomts tgl beli.mksh

dwi retnoAugust 3rd, 2012 at 8:32 AM

trims infonya, sy jg berencana ke korsel, tapi mau jg ke jepang, biaya hidup lebih mahal mana korea apa jepang ?

LinkAugust 9th, 2012 at 4:42 AM

Mba, klo mw keseoul dgn tujuan berobat, kira2 it masuk visa apa ya mba?

dewAugust 9th, 2012 at 6:24 PM

@Link:

Sori masih workshop hehehe..
Kalo berobat termasuk visa medis..

Syarat2nya bisa dicek disini yah.. :)
http://idn.mofat.go.kr/worldlanguage/asia/idn/visa/step/index.jsp

megaAugust 13th, 2012 at 11:38 PM

hai mbak dewi saya mau tanya
masalah tidak ya mba bila nama di paspor saya hanya 1 kata MEGAWATI..tidak ada last name
saya takut visa saya di tolak hanya karna itu dan satu lagi mbak
SUIP itu apa ya mbak??apakah tidak cukup hanya dengan surat yg mnyatakan bahwa saya bekerja di perusahaan tersebut..
terimakasih mbak dewi

AchaiAugust 30th, 2012 at 7:30 PM

Dear Dew, saya di Medan. Saya sudah beli tiket pesawat ke Korea Selatan utk tgl 13 Mei 2013. Sekitar kapan ya cocoknya saya memasukkan permohonan visa? bisa dititipkan ke teman yg di Jakarta ya?(berhubung saya stay di Medan) Trus.. itu print tabungan kita, maksudnya print buku tabungan atau print rekening koran? trus uang kita harus ngendap berapa lama?

dewSeptember 4th, 2012 at 5:00 PM

@aci: maaf baru respon, ihiks.. jawabannya nanti aku posting di artikel baru ya.. :)

@hesti: aduh maap pisan kelamaan balasnya.. :( ( btw, sepertinya harus bikin yang Multiple Visa sekalian krn kamu kan programnya 1 thn ya..

@naomi: Hai Naomi.. wah asyik tuh bisa belajar mandiri di negeri orang.. :) Soal jumlah duit di rekening, jujur aja aku gak tau patokannya berapa.. Waktu itu aku nyetok 30 juta, itupun pinjem.. duit numpang lewat aja untuk print buku tabungan.. Moga2 lolos ya visanya :) *cemungud kakaaak

@mimi: oke thanks.. (“,)

@ana: untuk yang jarang travelling / paspornya kosong (atau hanya ke negara asia seperti singapore, malaysia), kadang2 wajib melampirkan NPWP.. coba aja diajukan dulu, kalau syaratnya kurang nanti disuruh lengkapi.. *kalau aku, lebih baik dilengkapi sekalian biar gak bolak balik :)

dewSeptember 4th, 2012 at 5:10 PM

@achai:

hai hai.. maap ya baru balas :D Apply visanya kira2 pertengahan/akhir bulan april.. dan usahakan syaratnya sudah lengkap jadi gak bolak-balik. Btw, di Medan ada Konsulat Jenderal Korea Selatan gak? atau Konjen yang terdekat dari Medan ada gak? kalau ada bisa urus disitu, jadi gak perlu ke jakarta.. tapi kalau gak ada berarti harus nitip teman di jakarta..

Terserah mau pake print buku tabungan/rekening koran.. sama aja, yang penting ada catatan transaksinya.. kalau aku tiap bulannya selalu nyimpan catatan transaksi perbankan aku (dari internet banking), jadi gak perlu ke bank minta rekap transaksinya..

Uhm…soal ngendap berapa lama, aku gak punya patokannya.. sekedar pengalaman, waktu itu aku cuma ngendap beberapa hari aja.. :)

Semoga membantu dan sukses urus visanya..

dewSeptember 4th, 2012 at 5:34 PM

@ericka: setau aku syaratnya secara umum sama.. coba ditanya di konsulat korsel terdekat, mungkin aja ada yang berbeda syaratnya.. :)

@dwi retno: saya belum pernah ke jepang, jadi gak adil jika saya membandingkan biaya hidupnya lebih mahal di jepang/korea. Pastinya, saya masih bisa dapat penginapan seharga Rp 160ribu saat di seoul, makanan seharga Rp 24ribuan (nasi + kimchi + semacam gulai ayam). >> tapi jangan bandingkan biaya hidupnya dengan di Indonesia ya.. Kalau mau hemat lagi, mungkin dari rumah bisa bawa mie secukupnya utk sarapan/makan malam :)

dewSeptember 4th, 2012 at 5:44 PM

@mega:

Maap yaaa baru bisa balas sekarang.. *smoga dimaapkeun.. :)
Seharusnya gak ada masalah jika namanya cuma 1 kata :D , wong memang gak ada.. yang penting nama di kartu keluarga, ktp dan surat2 lainnya sama kan?

SUIP itu surat izin usaha.. waktu itu aku sih gak melampirkan siup, cuma surat keterangan kerja aja.. mungkin itu dibutuhkan kalau yang berangkat rombongan perusahaan.. :)

Semoga membantu yaaa..

RiantiSeptember 4th, 2012 at 9:35 PM

Hi Dew, nimbrung dong :-)
Bulan depan aku sama dua keponakanku (pelajar & mhswa) mau brangkat ke korea. Untuk visa, aku bisa apply visa perorangan atau keluarga?. Aku sama salah satu keponakanku (she’s 13years old) tinggal serumah dan 1 kk. Thanks in advance :-)

dewSeptember 7th, 2012 at 3:48 PM

@Rianti:

Hai, silakan gabung diskusi.. :)
Barusan aku cek di situs kedubes korea, sekarang visanya sudah diklasifikasi sesuai tujuan lho… jadi ada visa bisnis, medis, kunjungan keluarga, wisata, dll..

Nah, sepengetahuan aku, pengajuan visanya harus perorangan.. cuma kalau yang mengajukan visa masih pelajar, maka harus ada surat keterangan pelajar dan bukti keuangan ortu.. nah, yang ponakan berarti harus melampirkan bukti keuangan ortu juga :)

sepertinya begitu… tolong dikoreksi kalau salah hehehehee.. :D

RiantiSeptember 8th, 2012 at 3:13 PM

Thanks Dew, aku ga rajin browsing jadi mending nanya he he.
Btw, tulisan di blog nya menarik dan informatif, wish I could write as good as you :-)

DewinaSeptember 11th, 2012 at 9:56 PM

Mbak dewi , klu apply visa turis , tp gak di lampirkan tiket pesawatnya bisa atau tidak? Karna saya belum tahu pasti tgl berapanya ke korea.
Terima kasih

DewinaSeptember 11th, 2012 at 9:57 PM

Mbak dew , klu apply visa turis , tp gak di lampirkan tiket pesawatnya bisa atau tidak? Karna saya belum tahu pasti tgl berapanya ke korea.
Terima kasih

mozarella maySeptember 14th, 2012 at 11:37 AM

Mba Dewi, infonya berguna banget nih.. tapi apa mesti 10 juta ya uang yang ada di rekening kita? soalnya mencari pinjaman sebanyak itu susah juga :( kalau misalnya hanya punya 5 juta atau kurang bagaimana ya? terima kasih..

FebieSeptember 15th, 2012 at 7:57 AM

Kak dew… akhirnya aku sukses berkelana di Seoul 8 malam 9 hari. SEOUL bener2 luar biasa… aku mau balik lg kesana SOON .. ASAP hehehe.. temen2 yg mau baca ceritaku bisa visit http://www.blinkblinkseoul.wordpress.com ya, ^^

yuliSeptember 18th, 2012 at 2:25 PM

lama gak ya ngurus nya……..tolong bantu ya……..

dewSeptember 19th, 2012 at 1:00 PM

@Dewina:
Bisa… dulu aku lampirkan tiket hanya untuk pelengkap aja kok :)

@mozarella:
sejujurnya aku gak tau berapa jumlah uang yang harus ada di rekening.. bisa jadi 10-20 juta, atau lebih dari itu.. makanya waktu itu aku pinjem untuk numpang lewat di rekening :P daripada daripada… :D

@Febie:
Hai Feeeeb… wah senangnya jalan2 9 hari *ngiri
Mana oleh2nya hihihiiii…

@yuli:
lama pembuatan visa kira-kira 4 hari kerja.. bisa lebih dari itu jika dokumen dianggap belum lengkap atau jika dibutuhkan interview.

FebieSeptember 21st, 2012 at 8:19 AM

@yuli : kmrn waktu apply agak lama. sekitar 2minggu, rame banget di sana, jd antri.tp tetap keluar koq. yg penting ikuti aja prosedur nya

@kak Dew : hehehehe…..maaf maaf…….maafkan saya ^^

angelSeptember 26th, 2012 at 4:08 PM

dear mba dewi,

salam kenal dan numpang nimbrung ya mba..:)
saya ada rencana ke seoul musim gugur ini bersama tante dan sepupu..kalau ibu rumah tangga apakah perlu surat sponsor? dan bukti keuangan siapakah yang digunakan?

@mb febie : masukin aplikasi visanya kapan ya mba, kog bisa serame itu? mohon petunjuknya..:)

FebieSeptember 27th, 2012 at 1:14 PM

@angel : kalo bisa ya masukin 2minggu – 3 minggu sebelum keberangkatan, karena visa ada masa berlaku juga kan, kalo cepat2 apply sayang juga, sedangkan kamu blm berangkat kesana, waktu itu rame soale byk yang mau ke Korea, kerja extra org di Embassy hehehe…

dewOctober 1st, 2012 at 8:04 PM

@angel:

Gak perlu surat sponsor…cukup lampirkan bukti keuangan suami aka ayah kamu.. :)
Betul kata febie, apply paling gak 2-3 minggu sblm berangkat.. Masa berlaku visa cuma 3 bulan, kecuali kamu apply yg 3 thn..aman deh mau pergi kapan aja hehehe..

@febie: kita nginep di hostel yg sama,aku juga nginep disitu hihihi.. Daerah hongik university

FebieOctober 3rd, 2012 at 11:01 AM

oh sama ya kak dew ??? guesthouse nya Marry wang kan ?? hoaaaaa ^^ i luv that GH so much….

tiena_zoneOctober 10th, 2012 at 9:59 AM

Hai sis dew and sis febie : Aku dan temenku juga mau travel ke korea nanti dari 1 Jan – 8 jan 2013.. Informasi soal apply visa-nya n sangat membantu.. Walaupun agak was-was takut ditolak.. Oya sis2, aku mau nanya gimana cara booking guesthouse-nya ya? Apa dari travel ato booking langsun? Mohon infonya ya sis2.. :)

FebieOctober 11th, 2012 at 8:54 AM

booking sendiri aja sis Tiena, disana byk guesthouse

rosaOctober 11th, 2012 at 1:58 PM

Hello Dewi,

Untuk pengajuan visa turis, sy kan udah pernah ke US, jadi bisa lebih mudah? Kan Dewi bilang diatas ttg visa bisnis..

Untuk turis, syaratnya kurang lebih sbb:
1) Formulir permohonan visa yang dilengkapi pas photo
2) Passport asli dan fotokopi
3) Kartu keluarga
4) Surat keterangan kerja dan SIUP (kalau nggak berkerja surat keterangan tersebut nggak usah dilampirkan)
5) Fotokopi bukti keuangan: bisa SPT, atau laporan buku tabungan 3 bulan terakhir, atau tagihan kartu kredit 3 bulan terakhir

Poin 4)dan5), klo ga bekerja kan itu ditulis ga perlu dilampirkan, terus kenapa ada laposan buku tabungan? Itu maksudnya bagi pihak pengundang, spt saya, teman saya yg mengundang.

Thanks ya

dewOctober 13th, 2012 at 3:27 PM

@tiena:
Betul kata febie, booking sendiri aja… Banyak hostel murah kok disana.. Infonya bisa dicek di sini http://www.dewningrum.com/2012/09/mencari-penginapan-murah-ala-backpacker/

@rosa:
Makasih udah mampir… Udah dijawab di email yaaaa… :)

MiyshasLEEOctober 17th, 2012 at 2:43 PM

haiiii mba deww… mau tanya2 ya :D

aku mau tanya dong msalh pembuatan visa ini kan salah satu nya ada print rekening koran 3 bulan terakhir kan???!!
itu skrang min brpa ya rekening korannya supaya aplikasi kita biar ke apply..
soalnya kata temen aku,,bikin visa itu ada yg di apply dan ada yg engga..

dan mba dew punya contoh surat sponsor ga???

dewOctober 19th, 2012 at 5:44 PM

@MiyshasLEE:

Hai Miysha, berapa jumlah minimalnya aku belum punya infonya yang pasti.. kalau gak dibayari sponsor, sebaiknya kita punya ‘banyak’ tabungan.. triknya bisa pinjem duit keluarga/teman untuk sekedar numpang lewat aja di rekening, setelah diprint baru deh dibalikin :D waktu itu aku nyetok 15jutaan walaupun sudah ada surat undangan dari sponsor.. untuk jaga-jaga aja :)

Surat sponsor itu semacam surat undangan, isinya kurang lebih perihal undang untuk kita menghadiri acara/workshop tertentu, acaranya kapan, lalu ada keterangan bahwa semua biaya hidup kita selama di negara tersebut akan ditanggung oleh mereka.. :P

omiiOctober 21st, 2012 at 8:24 PM

mau kasih info klo ada yang butuh guide buat di korea yang bisa bahasa indo atau mau jalan2 murah, email me ya omii_l@yahoo.com gomawo mbak dew

GalOctober 29th, 2012 at 4:48 PM

Hai Mba Dewi,

nice info. Aku juga rencana mau ke korea tahun depan, bulan agustus, tiket pp udah ada pakai air asia. Lagi berusaha nabung buat kesana juga. Kalau ke korea, mesti punya kartu kredit buat jaga2 ga? Soalnya aku ga punya, dan males buat punya ..hihihi..

tolong di balas ya mba. Thanks :D

ragil sutardiantoNovember 7th, 2012 at 1:56 PM

mbak …. aku pernah di korea 6 th pulang baru 5-9-2012
aku pakai nama palsu slamet raharjo, sebenarnya namaku asli ragil sutardianto
kemudian aku mau ke sana kembali. bagaimana ya cranya , pakai nama slamet raharjo(palsu) atau ragil sutardianto (asli)

ShirleyNovember 14th, 2012 at 2:23 PM

Mbak Dew, saya taun depan mau ke korea, ni lg parno banget sama visa, takut ketolak T.T
Saya udah kerja, tapi ga punya NPWP, apa bisa ya mbak apply ga pake NPWP?
kalo surat referensi dr perusahann sama tabungan sih msh bisa diusahain..

thx.. :)

robyDecember 18th, 2012 at 11:07 AM

hi. mau numpang tanya , kalau kita da pernah ke korea dan terus ingin mengajukan visa diatas 90hari apa bisa ? dengan persyaratan apa ya? trus kalau kita di berikan visa 90 hr apa boleh kita gunakan 88 hari. terima kasih , tlg bantuannya by email . roby_chang@yahoo.com tq.

uchiDecember 22nd, 2012 at 6:16 AM

Selamat pagi, Mbak..
Bersyukur sekali bisa menemukan postingan ini.. Saya dan teman2 memiliki rencana untuk liburan ke Korea Selatan tahun 2013 nanti.. Sekarang sedang giat menabung, semoga terwujud.. ^-^.
Rencananya saya mengambil cuti tahunan untuk jalan2 ke sana.. Oya Mbak, kalau mengurus visa oleh PNS seperti saya, apakah syarat2 visa turis sama seperti yang Mbak sebutkan di atas atau ada syarat tambahan lain ya Mbak..? Surat keterangan kerja apa cukup ditandatangani oleh atasan langsung (Kepala Puskesmas) atau dari instansi (Dinas Kesehatan)..?
Terimakasih banyak..

melisaDecember 27th, 2012 at 10:50 AM

mbk,,, minta contoh intrarry ya,,, EMAIL:melisa.ardiansah@yahoo.co.id. thx

afsaFebruary 17th, 2013 at 3:13 PM

mbak. apa bisa pengurusan visa d wakilkan ??
krna saya tggal d riau.
dan apa saja syarat untuk pengurusan visa jalan2 ??

handaka sandiroMarch 26th, 2013 at 11:00 PM

saya hendak bertanya jikalau saya hendak tinggal lama di korsel semisal 1atau 2 thn itu visanya visa apayah????
trus klo di perksa rekening tiga bln terakhir minm brp yah mba???
mohon bantuannya????

BanyumurtiAugust 27th, 2013 at 7:16 PM

Update:
Kedutaan Korea sudah pindah, bukan di Gedung The Plaza lagi tapi di Jl. Jend Gatot Subroto Kav 57-58. Kalo dari Kuningan tepat sebelum RS Medistra.
Biaya aplikasi visanya Rp. 300.000,-

dewOctober 17th, 2013 at 1:50 PM

trims infonya kang banyu.. :)
*dicatet

Leave a comment

Your comment