Tugu Khatulistiwa Pontianak

Punten sadayana, ibu-ibu bapak-bapak semua yang ada di sini.. Postingan saya loncat-loncat nih berhubung belum tuntas sebenarnya sharingnya. Kali ini akan #postingtelat tentang Pontianak. Kenapa telat? Karena sudah beberapa bulan lalu kesana. Jadi ceritanya, waktu itu saya ke Pontianak salam rangka acara Internet Sehat. Pas ada jadwal kosong saya sempat mampir mengunjungi Tugu Khatulistiwa.

Katanya gak apdol kalau gak mampir ke sini. Kita tahu Pontianak dijuluki dengan Kota Khatulistiwa, tepatnya salah satu kota di dunia yang tepat dilintasi garis khatulistiwa. Untuk menguatkan julukan itu, dibangunlah sebuah tugu yang letaknya persis di pinggir Sungai Kapuas. Bangunan tugu ini terbuat dari kayu ulin, bukan semen seperti bangunan lain pada umumnya.

Apa sih menariknya? Bagi sebagian orang, ada sensasi tersendiri jika bisa melihat benda-benda atau orang tidak punya bayangan. Itu sebabnya tugu ini ramai dikunjungi jika terjadi fenomena titik kulminasi matahari, yaitu ketika matahari tepat berada di garis khatulistiwa. Biasanya bersiklus 2x setahun, yaitu pada 21-23 Maret dan 21-23 September.

Kita juga bisa mendapatkan sertifikat sebagai bukti bahwa kita pernah mengunjungi tugu ini, bayarnya Rp 10ribu. Ada tanda tangan Walikota Pontianak nya juga lho.. *so what? :))

Nama: Tugu Khatulistiwa
Lokasi: Jalan Khatulistiwa, Kelurahan Siantan, Pontianak Utara – Kalimantan Barat
Biaya masuk: gratis

-dew-

6 Comments

  1. kalau sekarang saya ketemu orang tanpa bayangan, mending kabur dulu 😀
    Ngomong2 soal khatulistiwa, saya baru tau kalau disana ada museumnya.

    Reply

Leave a Comment.