Menikmati Kicauan Burung di “Jurong Bird Park”

Saya memutuskan check-out di pagi hari dari hostel tempat saya menginap di kawasan China Town. Hari itu adalah hari terakhir saya di Singapore, setelah sebelumnya 2 hari mengikuti acara rIGF.

Saya pikir, kalau harus balik lagi ke hostel hanya untuk ambil tas malah ribet, mengingat tujuan saya hari itu cukup jauh jaraknya. Saya pun akhirnya berjalan-jalan dengan membawa tas backpack plus laptop yang cukup bikin bahu saya pegal-pegal karena berat.. :p

Tujuan hari itu adalah ke Jurong Bird Park, yang terletak di ujung barat Singapore. Jurong Bird ParkΒ  adalah taman burung terbesar di dunia. Dibuka pertama kali pada Januari 1971 di lahan seluas 20,2 hektar.

How to get there?

Gak perlu takut nyasar di Singapore.Β  Tansport di sini sangat mudah kok, petunjuknya juga sangat lengkap. Bagi yang mau ke Jurong Bird Park, disarankan naik MRT saja. Untuk mencapai taman burung ini, naik MRT ke arah Boon Lay Station (EW27). Sampai di Boon Lay, keluar dari stasiun. Nanti dari situ lanjut naik bus umum SBS nomor 194, turun di Boon Lay Bus Interchange. Kamu akan diturunkan tepat di depan halaman depan Jurong Bird Park. Perjanalan dari China Town stasion ke Jurong Bird kira-kira memakan waktu 50 menit.

Kalau kamu punya kartu terusan (EZlink card) gak perlu beli tiket bus lagi karena kartu ini bisa dipakai di bus, sistemnya sama seperti MRT, nge-tap saat naik&turun / masuk&keluar. Kartu ini bisa dibeli di setiap stasiun MRT/bus, tinggal pilih mau isi berapa.

Sampai di Jurong Bird, di halaman depan sebelum pintu masuk kita akan disambut beberapa pasang burung macaw berbulu biru kuning. Burung cantik berekor panjang ini punya paruh yang kuat, makannya buah-buahan, daun, kacang-kacangan, biji-bijian, serangga dan siput.

Lanjut ke area pintu masuk. Di sekitar area ini terdapat toko souvenir, loket tiket dan tempat makan. Mereka menyediakan paket dengan harga bervariasi. Kalau saya milih paket jalan kaki, “Bird Park Admission Ticket Only (Adult)” seharga 18 dollar Sing. Tapi kalau malas jalan, atau tiba2 pas sudah di dalam kaki kamu lelah letih lesu tak kuat lagi berjalan, bisa lho muterin taman ini dengan panorail, nambah 5 dollar.

Now, let’s start to surround the bird park.. πŸ˜€

Ada apa saja di dalamnya?

Setelah beli tiket, kita akan diberi peta lokasi taman burung untuk memudahkan pengunjungnya. Menurut info di situsnya, saat ini ada sekitar 5.000-an koleksi burung yang menghuni taman ini, yang mewakili 380 spesies.

Gak jauh beda dengan Taman Safari di Jakarta, di taman burung ini juga tersedia beberapa pertunjukkan menarik seperti Birds n Buddies Show, The Early Bird Breakfast Show (ngasih makan burung), Kings of the Skies Show (burung elang), Lunch with Parrots.

Beberapa spot yang menarik dikunjungi antara lain African Waterfall Aviary, Bird Discovery Centre, Hornbill and Toucan exhibit, Lory Loft, Pelican Cove, Penguin Feeding, Ostrich Feeding. Kamu juga bisa foto-foto dengan burung macaw yang cantik.

Oya, di beberapa titik tersedia tempat beristirahat dan kursi-kursi taman. Disini kita bisa beristirahat sambil makan siang. Tersedia pula mesin minuman kalau seandainya kehabisan / lupa bawa minum.

Tiket masuk: S$18.00 (dewasa), S$12.00 (anak 3 – 12 tahun)
Tiket Panorail: S$5.00 (dewasa), S$3 (anak 3 – 12 tahun)
Jam Buka: 8.30 pagi – 6.00 sore setiap hari
Lokasi: 2 Jurong Hill Singapore 628925

-dew-

8 Comments

Leave a Comment.