Mampir ke Santiago Bernabeu Madrid

Gak pernah kebayang bisa menginjakkan kaki ke Santiago Bernabeu, stadion klub sepakbolanya Real Madrid. Ini postingan sudah lama sebenarnya, cuman saya naikin ulang..

Bermodal 15 Euro, saya bisa puas menjelajahi setiap room di stadion bergengsi berkapasitas penonton 80 ribu orang itu. Thanks to Alcatel Lucent yang sudah mengundang dan membiayai saya untuk meliput GSMA di Barcelona, Spanyol. Kenapa saya ke Madrid? Ceritanya panjang dan lamaaaaa.. 😀 Intinya, karena saya harus ke Kedubes Madrid untuk meminta SPLP lantaran paspor saya hilang. But, selalu ada pengalaman berharga di setiap musibah.

Balik ngomongin tur di Bernabeu. Karena ini tur, jadi rutenya sudah diatur sedemikian rupa agar pengunjung gak repot bolak-balik naik turun. Dimulai dari tempat paling atas (penampakan keseluruhan stadion) hingga ke paling bawah (kamar mandinya atlet dan toko souvenir khas Real Madrid).

1. Dimulai dari penampakan stadion Bernabeu dari atas. Wow! Top deh stadionnya, terawat banget. Bersih, kursi2nya juga terawat..

2. Di sepanjang lorong menuju ke rute selanjutnya, terdapat poster2 para pemain Real Madrid jaman bahelak :p

3. Setelah melihat penampakan stadion dari atas dan menyusuri lorong, kita memasuki room selanjutnya. Di ruangan ini kita bisa menjumpai informasi seputar Real Madrid dan sejarahnya, poster-poster klub Read Madrid saat bertanding, para pemain dan mantan pemain Real Madrid, termasuk ID Card para mantan pemain dan pemainnya.

4. Di room berikutnya kita bisa melihat langsung koleksi piala yang telah diperoleh klub tersebut dari berbagai Liga.

5. Di ruang selanjutnya, dipajang foto-foto para pemain generasi satu sampe terakhir. Pengen liat sepatu sepakbola yang pernah dipake Raul Gonzalez juga adaaa..

6. Kalau tadinya kita cuma bisa melihat stadion dari kejauhan (dari atas), kini kita bisa lebih puas melihat langsung dari dekat stadion, rumputnya, dan kursi Recaro yang biasa diduduki para pelatih.

7. Next, yang paling bikin penasaran adalah seperti apa ruang mandinya para atlet di Bernabeu? Pantas saja kalau para pemain sepakbola di sana ‘berdedikasi’ dan sepakbolanya maju, karena mereka dimanjakan dengan fasilitas super waaahh, mulai dari kamar mandi, shower, kolam berendam air hangat, kursi pijat, ada press room juga.

8. Final destination dari tur ini akan berakhir di toko souvenir. Pastinya, smua pernak-pernik yang dijual disini adalah produk resmi klubnya Real Madrid, mulai dari miniatur, kaos sepakbola, sepatu, bola beneran dan bola mainan, PC accessories, tas pinggang, dll. Tapi jangan harap harganya murah, kaos bolanya aja paling murah 70 Euro!

Kalau dilihat2 secara umum, Madrid itu kayak kota Jakartanya Spanyol. Kota ini cukup padat dan macet kalau pas jam-jam pulang kantor, penuh dengan daerah industri. Sayang saya tidak sempat mengelilingi spot2 unik disana karena harus balik ke Barcelona..

 

-dew-

4 Comments

Leave a Comment.