Latihan Diving, Apa yang Perlu Dipersiapkan?

Suatu ketika ada teman mengajak saya untuk ikutan gabung belajar diving bareng temen2 pramuka. Saya baru sungguh-sungguh merasakan asyiknya diving begitu berada di dalam air, meski masih di kolam renang cetek kedalaman 4 meter..

Sampai saat ini, sudah 2 bulanan saya belajar diving dengan budget murmer sama temen2 pramuka. Seperti apa rasanya?? Fresh, happy! Like this very much! 😀 Dan pasti akan lebih menyenangkan kalau udah nyemplung ke laut. Saya sendiri belum ambil lisensi A1 berhubung waktu diajak nyemplung ke Kepulauan Seribu blm ada budget :D, jadi bener2 masih pemula nih hehee.. InsyaAllah kalau budget cukup, next akan terjun ambil lisensinya biar bisa ke laut.

Nah, sebelum latihan diving apa aja sih peralatan yang perlu dipersiapkan? Minimal kamu harus punya masker, snorkel dan fin. Ketiga peralatan ini penting (paling tidak) dimiliki, karena fin yang kamu pinjam belum tentu cocok dengan kaki kamu misalnya. Atau masker yang kamu sewa kegedean (tidak fit) di muka kamu. Kalau snorkel, sebenarnya boleh pinjam/tidak, tapi lebih baik punya sendiri karena berhubungan dengan mulut.. 😉

Bagaimana dengan wetsuit (baju selam)? Untuk yang masih pemula, menurut saya bisa nanti2 saja belinya. Tapi memang, cepat atau lambat baju ini harus dibeli ketika kamu sudah diberi lampu hijau nyemplung ke laut. Wetsuit umumnya terbuat dari bahan neophere, berfungsi sebagai penjaga tubuh agar tetap hangat dan melindungi kulit dari goresan karang. Kalau kocek belum cukup, kamu pake aja baju buat renang yang lengannya panjang itu lho.. 🙂

Lalu bagaimana dengan tanki oksigen, pemberat dan BCD?
Khusus untuk tanki oksigen, yang dipakai sebagai sumber suplai oksigen ketika di dalam air/laut, kamu tidak perlu membelinya. Cukup menyewanya saja di tempat diving yang kamu datangi. Lagipula, kalau kamu pergi dari satu pulau ke pulau lainnya sambil bawa2 tanki, dijamin gak dibolehkan dibawa ke dalam pesawat. Begitu juga dengan pemberat, bisa pinjam teman/sewa.

Nah kalau BCD (buoyancy control device), kamu juga bisa minjam/menyewanya. Namun akan lebih baik jika punya sendiri karena size-nya bisa pas dengan ukuran badan. Alasan lainnya, bagaimanapun kamu akan lebih nyaman dengan alat sendiri. Ini penting ketika berada di laut.

Sekian dulu yaa, postingan selanjutnya saya akan sharing tentang aturan2 yang harus diperhatikan sebelum memulai diving..

-dew-

4 Comments

Leave a Comment.