Ketika Paspor Hilang, Apa yang Harus Dilakukan?

Jangan pernah menghilangkan paspor kalau tak mau mengeluarkan biaya, energi bahkan waktu. Saya membuat statement seperti ini karena sudah mengalaminya sendiri. Sewaktu tugas liputan Mobile World Congress 2008 lalu, pada hari terakhir liputan, malamnya tas kecil yang selalu saya selempangkan di badan lenyap digondol seseorang. Isinya barang-barang penting, paspor salah satunya.

Ow ow…paspor hilang! Apa yang harus dilakukan? Saya ingin berbagi sedikit pengalaman soal prosedur paspor hilang di Barcelona dan tips apa saja yang harus dipersiapkan dan dilakukan. Pastinya, jangan panik… hehee… Trus selanjutnya gimana?

1. Segera cari kantor polisi terdekat dan laporkan kejadian yang dialami. Selanjutnya, Anda akan mendapatkan surat keterangan kehilangan paspor dari kepolisian.
2. Cari tahu lokasi dan kontak orang Kedutaan Besar (Kedubes)/Konsulat kewarganegaraan Anda.
3. Segera melapor ke Kedubes/Konsulat. Bawa semua dokumen identitas Anda. Surat-surat yang perlu dipersiapkan antara lain:
— Surat keterangan kehilangan dari pihak kepolisian
— Fotocopy paspor
— Fotocopy KTP
— Fotocopy Kartu Keluarga
— Pas foto ukuran 4 x 6 dengan latar putih (tergantung dari standar yang ditetapkan setiap negara).
4. Mengisi formulir aplikasi pengganti paspor yang dinamakan dengan “Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP)”. SPLP mempunyai kedudukan hukum yang sama dengan paspor. Masa berlakunya hanya sebentar (kalau SPLP saya yang dikeluarkan di Madrid hanya berlaku 2 minggu).
5. Membayar biaya pembuatan SPLP (jumlahnya berbeda di setiap negara).

Ini dia SPLP-nya:

Untuk mengurus SPLP, saya harus ke Madrid. Perjalanan Barcelona – Madrid memakan waktu kurang lebih 6 jam, jika ditempuh dengan kereta. Waktu itu saya naik mobil, bersama bos Ar dan Dbu. Dan untungnya lagi, semua fotocopy dokumen seperti KTP, KK, Paspor saya punya (thanks to Alcatel), termasuk surat keterangan kehilangan dari pihak kepolisian sudah diperoleh pas malam kejadian.

Dan untungnya lagi, para bos2 di detikcom banyak membantu saya dalam mengurus SPLP seperti mencari tahu contact person Kedubes Madrid. Orang-orang di Kedubes Madrid juga sukarela mau menunggu saya sampai saya tiba di Madrid, meski saya tiba di sana malam sekitar jam 8.

Satu perlengkapan yang kurang, saya tidak punya foto. So… setibanya saya di Madrid, saya mampir dulu di automatic photo box yang ada di pinggir jalan. Dengan modal uang 2 Euro, tinggal pencat pencet tombol yang ada di mesin dan pilah pilih mau foto untuk paspor atau yang lain, taraaaaa…. pas foto pun jadi hanya dalam waktu 1 menit.

Semua syarat lengkap, saya langsung ke Kedubes Madrid. Sesampainya di sana, saya tinggal mengisi formulir SPLP, sidik jari dan tanda tangan. SPLP pun siap dan bisa digunakan untuk pulang ke Indonesia.

Thanks… untuk semua yang sudah membantu saya..

…[Artikel ini posting-an ulang dari blog lama]…

-dew-

12 Comments

  1. Saya baru kelar buat splp di kbri kuala lumpur. Alasan paspor pudar kena air waktu dipenang. Yah terpaksa pergi ke kbri kuala lumpur untuk ngurus splpnya. Wadoh penatnya antri. Untk yg melakukan perjlnn internasional jagalh pasport dgn baik dan aman. Dan jgn lp bawa cadangan ktp dan kk atau akta.

    Reply
  2. @yanti:
    Turut prihatin ya mba… 🙁
    Kalau boleh saran, segera temui kedubes/konsulat indonesia di sana lalu minta bantuan untuk urus SPLP.. Waktu itu saya langsung jadi paspor penggantinya krn semua berkas saya sudah punya.

    Nah, soal visa schengen apakah bisa diurus lagi saya kurang tau mba.. Lebih baik tanyakan ke pihak kedubesnya apa bisa melanjutkan perjalanan ke negara schengen lainnya hanya pakai SPLP. Waktu itu saya gak melanjutkan perjalanan lagi ke negara schengen jadi gak bisa bantu kasih info..

    Oya, nanti kalau ditanya jangan bilang paspor hilang karena kelalaian sendiri yaaa.. Kadang2 suka resek petugasnya kalau alasannya hilang karena lalai gak jaga barang dan semacamnya.. :p

    Reply
  3. Visa schengen yang tertempel di paspor yg ilang gmn cara mintanya? Apa dg paspor pengganti msh bisa lanjutin perjalanan ke negara schengen? Abis kena musibah nih mbak, tas diambil hiks..

    Reply
  4. Mbak kalo visa yg tertempel di paspor gmn? Hiks suamiku tasnya ilang, baru bisa senin urus di den haag. Langsung jadikah paspor pengganti? Visa schengennya mesti diurus dimana?

    Reply
  5. @tyo:
    Alhamdulillah gak kesulitan ngurusnya..
    Paspor baru harus segera diurus, karena SPLP kan masa berlakunya cuma sebentar.. itu hanya untuk pengganti paspor sementara..

    @Adji:
    Wah kalau hilang di luar, harus lapor2 segala ke polisi, lalu ke kedubes setempat untuk minta SPLP 🙂

    Reply

Leave a Comment.