Cerita Pelesiran ke Gili Trawangan Lombok


Indonesia memang terkenal dengan pantai-pantainya yang super indah. Nah, bagi kamu yang suka snorkeling atau diving, Lombok bisa jadi salah satu tujuan.

Coba deh pergi ke Gili Trawangan. Gili ini terletak di sebelah barat laut Lombok dan merupakan gili yang terbesar diantara tiga gili yang ada di Gili Islands. Selain Trawangan, ada 2 gili lagi yang bisa dijumpai  di Gili Islands (Kepulauan Gili) ini, yaitu Gili Air dan Meno. Namun diantara tiga gili itu, Trawangan lah yang mempunyai fasilitas lebih banyak.

Aktivitas yang sering dilakukan para turis di sini biasanya diving, snorkeling, bersepeda, atau berkuda mengelilingi pulau. Untuk menuju Gili Trawangan, kamu terlebih dulu harus nyebrang ke sana dengan kapal boat. Dibutuhkan waktu kurang lebih setengah jam dari Lombok. Tarif kapalnya juga murah, cuma 10 ribu Rupiah (sekali nyebrang). Tapi kalau mau sewa boat secara pribadi juga bisa, lebih mahal tentunya.

Gak ada yang istimewa dari snorkeling saya kali ini, karena memang sudah pernah ke sana sebelumnya. Seperti snorkeling pada umumnya, saya juga melihat terumbu karang, ikan-ikan indah berwarna-warni, sama perbatasan laut dangkal (yang  masih banyak karangnya) dengan laut dalam.

Eh tapi saya merinding juga pas liat laut yang dalam, serasa mau kesedot  gitu, hiiiii.. Sebelum snorkeling, saya menyempatkan diri ‘berpanas-panasan’ mengelilingi Trawangan dengan  menyewa sepeda. Pulau ini memang kecil, orang-orang biasanya mengelilingi Trawangan dengan menggunakan jasa andong (kalau di Lombok disebut Cidomo).

Menurut saya lebih asyik berputar-putar dengan menaiki sepeda karena bisa mampir ke sana ke sini, berhenti di tempat tertentu untuk foto-foto, cari karang, dll.

Sewa sepeda di sini juga cukup murah, sejamnya 20 ribu. Semakin lama nyewanya semakin murah. Untuk  mengelilingi Trawangan, sewa 2 jam saja sudah cukup dan akan dikenakan biaya 35 ribu. Apalagi saya  sepedaan pas siang2 bolong. Oya, kalau gak mau kulit gosong jangan lupa pakai sunblock yaaa.. 😉

Usai sepedaan, barulah saya menuju tempat persewaan peralatan snorkeling. Sewa peralatannya juga  murah, berkisar 20 ribu sepuasnya (setelah ditawar), terdiri dari masker, fin, snorkel dan  pelampung.

Di beberapa resto tertentu di Gili Trawangan, harga makanan terbilang tidak terlalu mahal. Siang hari saya coba icip-icip nasi goreng spesial, cuma 27 ribuan. Cukup murah kan? Setidaknya untuk kawasan wisata yang banyak turisnya :p

Ditotal-total, saya hanya menghabiskan uang sekitar Rp 120.000 untuk wisata ke Gili Trawangan, terdiri dari: nyebrang dari Lombok-Trawangan PP (Rp 20.000) + sewa sepeda (Rp 35.000) + makan siang plus minum (Rp 40.000) + snorkling (Rp 20.000) + air mineral botol besar (Rp 5.000)

Soal tempat penginapan, sayangnya saya belum pernah nginap kalau ke sana. Cuma pulang hari, pergi pagi pulang sore. Konon, nginap di hotel2 berbintang harganya cukup mahal. Tapi terakhir saya ke sana, sudah banyak juga dibangun hostel murah buat mereka yang backpacker.

Yang tertarik ke sana, tunggu apa lagi..

-dew-

11 Comments

  1. Buat yang mau liburan ke lombok rekomendasi pake Surya Travel Lombok harganya sangat bersahabat mulai dari Rp 403.000 dah all in Hotel sama transportasi selama tour. (www.travellombok.id)

    Reply
  2. @Putri:

    Itu snorkling di Gili Trawangan lho.. apa karena aku dianggap orang lokal ya (alias bukan bule), hueheheee… tapi tarifnya rata2 segitu, sewa sepeda juga murah kok. Nah coba ditawar2 lagi aja.. bahkan waktu aku snorkling, si mas2 yang sewain alatnya juga ikut nemenin.. dikasih tau spot2 yang karang & ikannya bagus2 🙂

    Sekarang harganya pasti sudah naik, karena harga2 kebutuhan juga naik 🙂

    Reply
  3. wah, snorkeling nya ko murah nih…? aku liat2 di internet gt ko mahal ya? itu yg murah dmn ya??? info plis.. makasi 🙂

    Reply

Leave a Comment.